06 Jan 2021, 23:26Penyakit Lainnya

Apakah pasien hepatitis B akan selalu menunjukkan HBsAg yang positif ?

KH
Info Penanya: KH0
Halo dok.saya kairul huda.saya kena hepatitis B.sudah mnum obat slma 1 tahun.tpi tetap tdak hlg dri badan saya.setiap saya mcu hbsag saya psti pstf.hbeag saya negatif.mnta solusi nya dok.biar hbsag saya jdi negatif dok.trma ksh
191 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, K.Hepatitis adalah peradangan pada organ hati yang terjadi akibat virus yang ditularkan lewat makanan, minuman yang terkontaminasi yaitu pada hepatitis A. Penularan juga dapat terjadi akibat hubungan seksual, penggunaan jarum secara bersamaan, Ibu ke anak saat proses melahirkan dimana hepatitis ini disebabkan oleh hepatitis B, dan C. Selain itu hepatitis juga dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol dan obat-obatan jangka panjang yang merusak hati.

Apakah pasien hepatitis B akan selalu menunjukkan HBsAg yang positif ?

HBsAg merupakan pemeriksaan yang bertujuan melihat virus hepatitis B di dalam darah, apakah infeksi virus hepatitis B yang Anda alami baru saja berlangsung atau sudah kronis. Pemeriksaan ini juga harus disandingkan dengan pemeriksaan yang lain.

Bagaimana nterprestasi pemeriksaan HBsAg ?

Interprestasi pemeriksaan HBsAg antara lain :
  • Infeksi hepatitis B akut dimana HBsAg positif, diikuti antiHBc positif, IgM anti HBc positif, dan anti-HBs yang negatif.
  • Infeksi hepatitis B kronis dimana HBsAg positif, diikuti antiHBc positif, IgM anti HBc negatif, dan anti-HBs yang negatif.
Hasil HBsAg bisa menjadi negatif jika virus hepatitis B dapat hilang dari tubuh dan tidak menjadi hepatitis B kronik. Namun saat Anda melakukan pemeriksaan HBsAg harusnya diikuti dengan pemeriksaan yang lain. Untuk mencegah penularan, sebaiknya menggunakan pengaman saat berhubungan seksual, tidak menggunakan jarum suntik bersamaan. Jaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat, tidak mengkonsumsi alkohol. Segera konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam jika Anda mengalami gejala mata dan badan menguning, mual muntah hebat, diikuti perdarahan dari mulut, penurunanan berat badan. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
hepatitis csirosis hatihepatitis b
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil