Penyakit hepatitis B, apakah bisa sembuh?

A Info Penanya: A
Dok.. Ada temen sy positif hepatitis b, tp msh reaktif, dan sdh hampir dua thn stelah masa cek up itu dia tdk prnh lg merasakan gejala gejala hepatitis b pada umumnya, apakah hepatitis it msh ada atau sdh tidak ada? Mkshh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Hepatitis B adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini menular melalui cairan tubuh penderita, seperti darah (misalnya saat transfusi atau dari jarum suntik), sperma (saat berhubungan seksual), atau menular dari ibu ke bayi. Gejala hepatitis B biasanya nyeri perut, menurunnya nafsu makan, mual, diare, urine yang berwarna gelap, atau kulit yang menguning.

Jenis Hepatitis B

Ada dua jenis hepatitis B yang dibagi berdasarkan waktu, yaitu:

1. Hepatitis B akut

Hepatitis B akut biasanya terjadi selama 1-3 bulan. Hepatitis B akut bisa sembuh sendiri dengan kekebalan tubuh yang kuat. Oleh karena itu, pada penderita hepatitis B akut, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, tidur teratur dan tidak begadang, bergerak aktif, dan mengonsumsi beberapa suplementasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Hepatitis B kronis

Hepatitis B kronis biasanya terjadi 6 bulan atau lebih, dan tidak bisa sembuh sendiri. Biasanya, dokter akan meresepkan obat antivirus atau jika tidak bisa, bisa disarankan untuk cangkok hati.

 

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, jika tidak ada gejala kemungkinan besar yang teman Anda derita adalah hepatitis B akut. Untuk mengetahui apakah teman Anda sudah sembuh atau masih mungkin menginfeksi, disarankan agar teman Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam untuk melakukan pemeriksaan darah serologi (deteksi antibodi hepatitis B). Dari hasil tersebut, akan diketahui lebih lengkap terkait hepatitis yang teman Anda derita.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kumur air garam bisa cegah virus corona adalah mitos

Kumur Air Garam Bisa Cegah Virus Corona, Apakah Benar Terbukti?

Kumur air garam bisa cegah virus corona adalah salah satu isu yang perlu diteliti kembali kebenarannya. Jika tidak, dampaknya bisa berbahaya bagi kesehatan.