25 Sep 2019, 08:13Penyakit Lainnya

Hepatitis B apakah bisa sembuh dok?

MS
Info Penanya: MS, Pria, 28 Tahun
hepatitis b apakah bisa sembuh dok?
24602 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia Chandra
(0)
Selamat sore M,Berdasarkan keluhan yang Anda alami. Hepatitis B adalah infeksi pada organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Infeksi ini bisa mengakibatkan kerusakan pada organ hati selanjutnya dan menyebabkan kanker hati jika tidak diobati. Penyebab terjadinya peradangan pada hati dapat disebabkan oleh alkohol, obat-obatan atau virus sendiri. Virus yang menyebabkan hepatitis adalah virus hepatitis A, virus hepatitis B dan virus hepatits C. Semua virus ini berbeda penyebab dan cara penularannya, tetapi ketiga virus ini mempengaruhi fungsi hati dan membuat gangguan pada hati.Hepatitis B dibagi menjadi akut atau kronis. Jika terinfeksi virus hepatitis , virus ini akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 6 bulan dengan meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus. Setelah sembuh, mereka tidak dapat terinfeksi oleh virus hepatitis B lagi dan tidak dapat menularkannya ke orang lain karena sudah terbentuk kekebalan. Hal ini disebut hepatitis B akut. Sedangkan, hepatitis B kronis  terjadi jika melebihi 6 bulan.Hepatitis B tidak dapat disembuhkan, tetapi tersedia pengobatan untuk membantu mengendalikan virus. Pengobatan ini mengurangi kerusakan pada hati dan mengurangi resiko terjadinya kanker hati. Disarankan untuk melakukan langkah dibawah ini untuk mencegah penyebaran:
  • Hindari kontak/hubungan langsung dengan darah: jangan memakai bersama barang-barang milik orang lain, seperti alat cukur, sikat gigi dan barang barang pribadi milik orang lain.
  • Tutup luka yang terbuka dan bersihkan segala tumpahan darah . Jangan biarkan orang lain untuk menyentuh luka atau darah Anda kecuali mereka memakai sarung tangan.
  • Membuang barang milik pribadi seperti lap kertas pembalut wanita, perban , ke dalam kantong plastik tertutup .
  • Gunakan alat pengaman seperti kondom atau cairan pelumas saat berhubungan intim.
  • Jangan memakai bersama jarum suntik atau peralatan untuk menyuntik narkoba.
Untuk itu periksakan diri Anda pada dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi dan langkah penanganan selanjutnya.Semoga bermanfaat.Salam Sehat,dr. Sylvi
infeksi viruspenyakit hatihepatitis b
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil