Hepatitis A dan hasil pemeriksaan laboratorium?

PS Info Penanya: PS, Wanita
Assalamualaikum dok mau tanya, saya kan penderita hepatitis A awal ketauan itu wajah dan mata sudah menguning, buang air kecilnya juga seperti teh, trs saya sudah berobat 3bulan mau berjalan tp kondisinya sudah membaik sudah tidak ada keluhan buang air kecilnya juga udah nggk pekat seperti teh dan sudah nggk kuning lagi, Rp kdg perutnya masih kya sebah dikit gtu ,nah kemarin kan saya cek laborat IgM anti hav awalnya 14,16 dan ini hasilnya masih 6,30 trs obat untuk mnghlgkan virus apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, P

Hasil pemeriksaan lab bisa tetap positif sampai dengan 6 bulan setelah terkena infeksi. Jadi sistem kekebalan tubuh membentuk antibodi IgM ketika pertama kali terinfeksi Hepatitis A. Biasanya memerlukan waktu dari 2-7 minggu baru terbentuk semua setelah terkena infeksi dan gejala timbul 1 bulan setelah pertama kali terpapar. Jadi IgM sudah ada sejak 5-10 hari sebelum timbul gejala. Makanya digunakan sebagai alat diagnostik yang baik, kemudian akan tetap ada di darah 6 bulan setelah infeksinya berlalu.

Sisa virus akan ditangani oleh tubuh Anda sampai dengan hilang. Biasanya setelah sekali terkena Hepatitis A tidak akan terkena lagi karena sudah ada antibodi dari sistem imun anda. Yang penting Anda banyak istirahat, banyak minum dan makanan yang bergizi. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca di artikel Pengobatan Hepatitis A untuk Menyembuhkan Penyakit Kuning.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

PS
12 Oct 2019, 05:47
Terimakasih dok.. soalnya kalo hasil IgM nya blm negatif blm boleh masuk kerja dan saya dicutikan selama 3 bulan berjalan, tp td pas bangun tidur urine nya berwarna kuning kecoklatan dok ini gmna ya?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala liver dapat dilihat dari warna urine yang pekat dan penyabnya sendiri biasanya akibat infeksi virus

Tanda Awal Gejala Liver yang Perlu Anda Waspadai

Gejala liver bisa terjadi secara akut maupun kronis. Tanda-tanda awalnya berupa kelelahan, urine yang pekat, dan kulit terlihat kuning. Penyebab gejala liver bisa bermacam-macam, yang tersering adalah akibat infeksi virus. Ada lima macam virus penyebab Hepatitis, di antaranya: virus Hepatitis A, B, C, D, dan E.