15 Jul 2021, 17:32Penyakit Lainnya

Apa penyebab benjolan di anus setelah operasi hemoroid?

AD
Info Penanya: AD, Pria, 1 Tahun
Dok saya kemarin tanggal 8 Juli operasi hemoroid nah setelah hari ke 5 pasca operasi ko malah timbul benjolan di anus gede banget , itu kenapa ya dok, rasanya nyeri keluar kaya nanah atau darah antara anus, Itu kenapa ya dok?
305 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, ATerima kasih atas pertanyaan AndaHemoroid atau wasir adalah kondisi saat terjadi pelebaran dan pembengkakan pada pembuluh darah di anus. Kondisi ini bisa terjadi pada segala usia, namun paling sering pada usia lanjut dan pada ibu hamil. Tatalaksana yang dilakukan untuk mengatasi hemoroid ini beragam tergantung dari kondisinya. Salah satunya adalah tindakan operasi hemoroid.

Adapun beberapa penyebab benjolan di anus setelah operasi hemoroid adalah:

  • Abses
  • Perinanal hematoma
  • Infeksi pada luka bekas operasi
  • Pembengkakan pada luka paska operasi
Terkait dengan apa yang terajdi pada Anda, perlu dipastikan kembali penyebab benjolan pada anus tersebut dengan permeriksaan dokter. Sehingga Anda mendapatkan tatalaksana yang sesuai dengan kondisi Anda. Segeralah kembali melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah. Pastikan Anda tetap konsumsi makanan bergizi, perbanyak buah dan sayur, minum air putih, hindair mengejan saat BAB, dan lakukan istirahat cukup. Tidak lupa untuk selalu menjaga keberishan tubuh terutama area sekitar luka paska operasi.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
operasiinfeksi luka pasca operasiwasirhemorrhoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil