Hemoglobin dan transfusi

WS Info Penanya: WS, Wanita, 2019 Tahun
"Dokter" saya ingin bertanya,, Apabila terjadi kesalahan diagnosa hemoglobin, Hemoglobinya normal tapi terdiangnosa tidak normal,tetapi terjadi tranfusi,, Akibatnya apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WS

Hemoglobin adalah sejenis protein yang berfungsi sebagai transportasi oksigen dan karbon dioksida. Hemoglobin juga memberi warna merah pada cairan darah. Dengan tingginya Hemoglobin maka terjadi peningkatan juga pada kekentalan darah. Gejala yang timbul sama dengan gejala pada kondisi anemia.

Akibatnya terjadi gangguan transportasi oksigen dan gejala yang ditimbulkan adalah gangguan kesadaran akibat aliran darah yang mengandung oksigen ke otak terganggu. Hemoglobin itu sendiri mempunyai suatu usia dalam tubuh, dimana nantinya akan dipecah sendiri oleh tubuh. Informasi bahwa kadar Hemoglobin yang sudah tinggi, sehingga produksi hemoglobin baru akan dikurangi oleh tubuh. Dan pada akhirnya akan terjadi keseimbangan kembali kadar hemoglobin di dalam tubuh.

Sedangkan proses transfusi hemoglobin dan produk darah lainnya yang lebih beresiko terhadap tubuh. Bisa mengakibatkan reaksi alergi pada tubuh.

Bila ada keraguan anda dapat berkonsultasi dengan Dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keguguran tidak dapat sepenuhnya dicegah, tetapi kehamilan yang sehat selalu dapat diupayakan

Memahami Risiko Keguguran dan Cara Mencegahnya

Keguguran adalah berakhirnya kehamilan dengan sendirinya dalam 20 minggu pertama. Kehamilan kembar memiliki risiko yang lebih tinggi untuk keguguran ketimbang kehamilan normal. Keguguran tidak dapat sepenuhnya dicegah, tetapi kehamilan yang sehat selalu dapat diupayakan.