21 Nov 2020, 18:06Pernapasan

Penanganan awal batuk di rumah

F
Info Penanya: F, Pria, 23 Tahun
Halo dok Mau tanya Sudah kurleb 2 minggu ini saya menderita batuk namun dengan frekuensi yang jarang ( 1 jam batuk 4 ~ 5x) dengan disertai waktu buat nafas panjang,sewaktu menghembuskan nafas panjang ada suara 2 serak gitu dok Kira2 apakah cuma infeksi paru biasa? Apa penanganan awal cuma perlu datang ke Puskesmas? Soalnya sekarang sedang pandemi,jadi parno kalau mau ke Unit Kesehatan,takut di kira corona apalagi penyakit bagian paru2 Terima kasih sebelumnya
83 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo FD,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Batuk adalah mekanisme tubuh untuk mengeluarkan virus, atau bakteri, maupun benda asing. Tubuh akan memproduksi lendir untuk membantu menangkap virus dan bakteri yang Anda. Sehingga bakteri atau virus tidak masuk ke saluran nafas.

Penyebab batuk

Selain itu, penyebab batuk antara lain :
  • Virus corona
Virus corona dapat menyerang siapa saja tanpa melihat usia. Namun ada beberapa orang yang lebih rentan untuk terkena virus ini, seperi lansia, balita, orang dengan sisitem imun yang rendah. Gejala yang diarsakan mulai dari gejala ringan hingga berat. Dapat berupa batuk yang diikuti sesak nafas, demam, kehilangan penciuman. Jika Anda mengalami gejala batuk dan ada riwayat kontak pasien corona, lebih baik dilakukan pemeriksaan virus corona.
  • Alergi 
Pada sebagian orang yang mengalami alergi, batuk dapat dicetuskan oleh debu, udara dingin, bulu binatang, ataupun makanan. Cara mengatasinya yaitu dengan menghindari pencetus alergi yang ada.
  • PPOK
Gejala batuk berdahak pada PPOK (Penyakit paru obstruktif kronik) dapat disertai bunyi ngik-ngik seperti asma. PPOK ini sering dialami oleh orang dengan riwayat merokok dalam waktu yang lama.
  • Pneumonia
Gejala peneumonia bisa ringan hingga berat tergantung dari kondisi tubuh pasien. Gejala yang dapat dialami antara lain,batuk berdahak, demam dan sesak nafas.

Penanganan awal batuk

Penanganan awal batuk yang dapat Anda lakukan di rumah yaitu
  • Makan makanan bergizi
  • Minum air putih yang cukup
  • Istirahat
  • Memakai masker di rumah ataupun di luar rumah
  • Jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter
  • Minum madu dicampur jeruk nipis untuk melegakan tenggorokan
  • Konsumsi vitamin jika perlu.
Jika gejala batuk semakin berat, diikuti sesak nafas, kehilangan penciuman, segera ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat.dr.Lidya Hapsari"
radang paru-parupneumoniacoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil