17 Feb 2021, 00:06Kulit & Kelamin

Apakah hemangioma pada anak berbahaya?

YP
Info Penanya: YP0
Hallo Dok saya mau tanya nih...waktu anak saya masih bayi ada bintik merah diperutnya saya kira itu tanda lahir..tapi sekarang anak saya umur 5 bulan dan bintik merah diperut anak saya kok tambah besar ya dok?..lalu saya periksa kan anak saya kata dokter di puskesmas anak saya terkena Hemangioma...apakah Hemangioma itu berbahaya dok? Apakah anak saya perlu penanganan khusus untuk sembuh atau penyambuhan bisa dilakukan dirumah dok? Terimakasih dok... mohon jawabannya?
280 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, YPTerima kasih atas pertanyaannya.Hemangioma adalah suatu kondisi dimana tumbuhnya jaringan yang bersifat jinak dari pembuluh darah.  Kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak.  Biasanya tidak menimbulkan masalah ataupun keluhan. 

Beberapa kemungkinan penyebab hemangioma :

  • Berat badan anak saat lahir rendah.
  • Kelahiran prematur.
  • Faktor genetik dan ras.
Hemangioma umumnya akan berukuran kecil tetapi ada beberapa anak yang mengalami hemangioma dalam ukuran besar pada usia 4-6 bulan lalu setelah lewat usia tersebut, hemangioma akan berhenti membesar dalam beberapa bulan hingga tahun lalu akan mengecil dengan sendirinya. Terkait yang Anda tanyakan, secara teori hemangioma pada anak tidak berbahaya dan seiring dengan bertambahnya usia, hemangioma akan mengecil dan hilang dengan sendirinya.  Penanganan diperlukan ketika hemangioma tumbuh di tempat yang cukup vital misal dekat mata atau dekat hidung sehingga menganggu panca indra anak.  Lalu ketika hemangioma semakin membesar atau pecah dan berdarah,  hal ini juga memerlukan penanganan lanjutan.  Untuk itu, anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis anak bila hal ini membuat anda khawatir.  Dokter anak akan memberikan pilihan terkait kondisi anak.  Apakah ditunggu hingga usia anak lebih dari 1 tahun dulu atau langsung penanganan seperti operasi hemangiomaSementara ini, hindari untuk menggaruk atau memegang hemangioma terlalu sering, tetap pastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang mencukupi sesuai pertumbuhannya. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
penyakit anakmasalah kulithemangioma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil