25 Nov 2020, 16:14Kandungan

Awas anemia karena haid 2x sebulan!

JS
Info Penanya: JS0
Selamat Sore, dok. Saya mau bertanya,, akhir bulan okt saya heid, skitar tgl 25an. Lalu awal bulan November saya heid lagi, tgl 5an, nah sekarang saya heid lagi (25 nov), dok. Itu wajar ngga ya buat remaja umur 16 tahun? Sebelumnya terima kasih banyak, dok...
168 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat sore JS,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Siklus menstruasi Anda dapat dihitung dari tanggal 25 Oktober ke 5 November yaitu 11 hari. Ini artinya siklus menstruasi Anda memendek. Siklus mentruasi normal 21 hari- 35 hari. Jika Kamu mengalami siklus yang memendek, kamu dapat menstruasi 2x dalam sebulan.

Penyebab gangguan siklus mentruasi 

  • Kista pada dinding rahim
Kista pada dinding rahim atau yang disebut endometriosis dapat menyebabkan perdarahan yang terus menerus disertai nyeri dan keram perut.
  • Stress dan kelelahan fisik
Saat tubuh stress dan lelah, hormon di dalam tubuh yaitu hormon endorfin (hormon rasa senang), hormon kortisol (hormon stress), dapat terganggu. hormon ini juga dapat mempengaruhi hormon untuk menstruasi.
  • Penggunaan obat-obat pengencer darah
Penggunaan obat pengencer darah dapat menyebabkan terjadinya perdarahan secara terus menerus.
  • Gangguan pembekuan darah
Orang dengan gangguan pembekuan darah biasanya jika mengalami perdarahan, baik karena benturan, mimisan, luka, atau mentruasi, terjadi perdarahan yang sulit untuk berhenti.
  • Penggunaan KB yang mengandung hormon
KB yang mengandung hormon berupa hormon progestin dan estrogen dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi.

Cara mengatasinya 

Cara mengatasinya adalah dengan mencari tahu penyebab dan mengatasi penyebab yang ada. Hindari stress, dan kelelahan fisik. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti sayuran hijau, hati ayam, kacang-kacangan agar tubuh Anda tidak kekurangan darah (anemia).Jika menstruasi yang Anda alami tidak berhenti lebih dari 2 minggu, diikuti badan lemas, lesu, rasa mual, Anda dapat mengajak orang tua Anda ke dokter.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
menstruasikontrasepsiperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil