Tidak nafsu untuk berhubungan seks, kenapa?

AA Info Penanya: AA
Hallo doc,Saya ibu rumah tangga 37 thn dan sdh di karuniai 4 anak.Pertanyaan saya doc.kenapa selera sex saya berkurang ya doc.sedangkan saya ingin melayani suami jd tidak enak jg.apakah sy ada kelainan atau harus bagaimn doc.Mohon solusinya doc.Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AA.

Hubungan seks adalah hal penting dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Saat berhubungan seksual, pasangan suami istri akan merasakan keintiman sekaligus memenuhi kebutuhan biologis masing-masing.

Terkait kondisi yang Anda alami, berkurangnya nafsu untuk berhubungan seks bisa disebabkan karena:

  • Perubahan hormon karena menggunakan alat kontrasepsi seperti suntik, pil, atau susuk
  • Perubahan bentuk tubuh seiring bertambahnya usia
  • Kelelahan dalam tugas rumah tangga, misalnya setelah mengurus empat anak
  • Rasa bosan karena mengulang posisi atau gerakan yang sama

Oleh karena itu, coba bicarakan dari hati ke hati dengan suami Anda. Ceritakan tentang fantasi seksual yang Anda miliki, sekaligus beritahu suami bagian-bagian tubuh mana yang terasa sensitif jika disentuh. Dengarkan juga apa fantasi dan keinginan suami, ya.

Anda juga bisa mencoba hal baru, misalnya menggunakan parfum atau pakaian yang menggoda, serta mencoba posisi seks yang berbeda. Selain itu, menggunakan pewangi ruangan dengan essential oil juga bisa membangun mood saat berhubungan intim.

Apabila tak kunjung berhasil dan Anda membutuhkan konseling lebih lanjut, Anda dapat menghubungi psikolog atau psikiater ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Susah orgasme pada wanita dapat berdampak pada hubungan seksual dengan pasangan

Tidak Hanya Pria, Susah Orgasme Juga Bisa Melanda Wanita

Masalah susah orgasme tidak hanya dialami oleh kaum Adam saja, faktanya, kaum Hawa juga dapat merasakan susah orgasme. Susah orgasme atau anorgasmia bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti fisik, psikologis, dan hubungan dengan pasangan.