Kenapa HBsAg saya positive?

SB Info Penanya: SB, Pria, 50 Tahun
Halo dok saya imam syafi'i dari brebes mau tanya 1 minggu yang lalu saya medical cek up tapi saya di pisitif kan ada gejala hbsag tapi yang saya rasa kan penyakit itu ga ada dok cuma perut terasa kembung aja tolong dok kasih penjelasan dan kasih solusi untuk pengobatan terimaksih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SB,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

HBsAg adalah kepanjangan dari Hepatitis B surface Antigen, yang merupakan antigen permukaan virus hepatitis B. Pemeriksaan HBsAg dilakukan untuk memastikan diagnosis hepatitis B. Penyakit hepatitis B adalah infeksi hati serius yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). 

Penyakit hepatitis B kadangkala bisa tidak terdeteksi, karena ada sebagian penderita yang tidak merasakan gejala ketika terinfeksi virus hepatitis B. Beberapa gejala yang bisa terjadi pada penyakit hepatitis B :

  • Kulit dan mata menjadi kuning
  • Nafsu makan menurun
  • Mual dan muntah
  • Sakit atau nyeri perut
  • Demam
  • Urine yang bewarna seperti teh

Hasil pemeriksaan HBsAg yang positif atau reaktif menunjukan bahwa seseorang terinfeksi hepatitis B, berarti terdapat HBV yang bisa aktif bereplikasi merusak sel-sel hati. Bila Anda tidak mengalami gejala namun hasil lab HBsAg Anda mendapatkan hasil positif, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut hasil Anda ke dokter spesialis penyakit dalam.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala penyakit liver akibat kelainan genetik yang perlu diwaspadai adalah kulit menjadi kuning

Kenali Gejala Penyakit Liver yang Timbul Karena Kelainan Genetik

Penyakit Wilson pada lansia sulit dikenali, karena gejala penyakit liver ini mirip dengan gejala penyakit lain. Gejala penyakit liver yang dapat dilihat adalah kulit menjadi kuning atau jaundice.