HBSAg, antiHBS negatif

AS Info Penanya: AS, Pria, 74 Tahun
Selamat siang,Tahun 2015, 2017 dan 2019 ini saya rutin medical check up. Dan setiap check up itu hasilnya sama, HBSAg saya negatif, AntiHBS saya juga negatif. Apakah antiHBS adalah antibodi? Dan kenapa selalu negatif dan bukannya harus ada antibodi?. Perlu diketahui saya jarang sakit, tidur sering di atas jam sebelas dan pagi jam 5:30 sudah bangun serta setiap libur saya sering jogging. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak A,

Nilai HBSAg artinya adalah Hepatitis B Surface Antigen, yaitu suatu protein Antigen yang dihasilkan oleh Virus Hepatitis B. Kadar Antigen ini dalam darah dipakai sebagai patokan untuk mengidentifikasi apakah pasien saat ini terinfeksi dengan virus Hepatitis B.

Nilai Anti HBs adalah Hepatitis B Surface Antibodi, yaitu Antibodi dalam tubuh seseorang yang menunjukan bahwa orang tersebut pernah terinfeksi virus Hepatitis B dimasa lampau namun saat ini tidak dalam keadaan sakit.

Antibodi atau zat kekebalan atau imunitas dalam tubuh manusia terbentuk bila sebelumnya ada paparan dari protein kuman (Antigen), berupa infeksi karena sakit atau karena tindakan imunisasi.

Bila saat ini nilai HBSAg dan Anti Hbs dalam darah Bapak adalah negatif, maka artinya Bapak belum pernah terinfeksi virus Hepatitis B dan dalam darah Bapak juga belum terbentuk antibodi terhadap virus Hepatitis B. Melihat kondisi Bapak yang sehat, Bapak dapat melakukan tahap pencegahan hepatitis, salah satunya dengan menjalani imunisasi Hepatitis B.

Semoga jawab di atas dapat membantu dan semoga sehat selalu.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala liver dapat dilihat dari warna urine yang pekat dan penyabnya sendiri biasanya akibat infeksi virus

Tanda Awal Gejala Liver yang Perlu Anda Waspadai

Gejala liver bisa terjadi secara akut maupun kronis. Tanda-tanda awalnya berupa kelelahan, urine yang pekat, dan kulit terlihat kuning. Penyebab gejala liver bisa bermacam-macam, yang tersering adalah akibat infeksi virus. Ada lima macam virus penyebab Hepatitis, di antaranya: virus Hepatitis A, B, C, D, dan E.