Haus dahaga dan sering buang air kecil, disertai sulit tidur

VG Info Penanya: VG, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, jika seseorang sering merasakan haus dahaga pada malam hari dan bila air masuk ke tenggorokan terkadang tidak terasa dan sering membuang air kencing, dan selalu susah untuk tidur pada malam hari namun jika siang hari selalu bisa tidur walau hanya sebentar saja, kira kira penyebabnya dan solusinya bagaimana? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi VG

Rasa haus dapat terjadi saat kekuarangan cairan pada dehidrasi, bisa jadi karena berada pada cuaca panas atau habis olahraga. Penyebab lain rasa haus dapat terjadi pada kelainan metabolik seperti diabetes militus. 

Pada diabetes dapat terjadi gejala haus ingin banyak minum, kencing sebentar bentar. Hal ini karena terjadi resistensi insulin atau tidak adanya insulin yang membuat kadar gula darah menjadi tinggi, efek dari tinggi gula darah memicu diuresis osmotik sehingga cairan tubuh hilang melalui urin, efek yang dirasa adalah kehilangan cairan sehingga merasa haus dan jadi banyak kencing. Keluhan metabolik pada diabetes juga membuat sulit tidur malam dan membuat tubuh jadi cepat lemas.

Saya sarankan agar anda melakukan pemeriksaan kadar gula darah dan berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD)

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ulkus dekubitus adalah cedera lokal pada kulit yang berisiko mengalami infeksi luka pada penderita diabetes

Jangan Remehkan Tanda-Tanda Infeksi Luka pada Penderita Diabetes

Ulkus dekubitus adalah cedera lokal pada kulit yang rentan terjadi pada area yang melapisi tulang. Penderita diabetes memiliki risiko besar untuk memicu ulkus dekubitus, terutama di area kaki. Mengenali tanda-tanda infeksi luka pada penderita diabetes bisa membantu kesembuhannya. Terlebih, pasien diabetes kerap mati rasa atas luka yang mereka alami.