17 Dec 2020, 18:45Kandungan

Bgaiamana cara baca hasil USG kehamilan ?

MA
Info Penanya: MA0
Dok saya mau bertanya dan minta penjelasannya dari hasil usg yg saya punya FL: 2.08cm, GA: 18w 5d, S/D: +/- 12D, EDD: 10-05-2021, Fetal weight: 273,27g , tolong penjelasan secara rinci ya dok? Dan apakah itu hasil yg normal?
1602 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi MA,Alat radiologi USG (ultrasonografi) merupakan alat yang menggunakan gelombang suara dengan frekuensi tinggi yang berfungsi untuk memberikan gambaran mengenai organ-organ di dalam tubuh. Pemeriksaan ini tergolong aman digunkan pada ibu hamil karena radiasi yang rendah. Pada pemeriksaan ibu hamil dengan USG kita dapat mengetahui kondisi keseha†an janin, umur kehamilan, hari perkiraan lahir (HPL), ukuran janin, jumlah cairan ketuban, letak plasenta, serta adatidaknya kelainan pada kandungan.

Terdapat beberapa singkatan pada hasil pemeriksaan USG pada kehamilan yaitu :

  • Gestational age (GA)umur kehamilan
  • Gestational sac (GS)
    besar kantung kandungan
  • Biparietal diameter (BPD)
    ukuran kepala bayi dalam diameter
  • Head Circumference (HC)
    lingkar kepala bayi
  • Crow-rump Length (CRL)
    ukuran bayi dari kepala hingga bokong
  • Abdominal circumference (AC)
    ukuran lingkar perut bayi
  • Femur Length (FL)
    panjang tulang paha bayi
  • Estimated due date (EDD)
    Hari perkiraan lahir
  • Fetal weight (FW)
    kisaran berat janin
Pada umur kehamilan 18 minggu berati sudha memasuki trimester kedua dimana beberapa organ janin sudah mulai berfungsi dan janin sudah mulai aktif bergerak. Pada usia ini juga berat janin sudah mencapai 200 gram, dan panjang tubuh dari kepala hingga kaki sudah 14 cm. Hasil pemeriksaan janin ibu MA didapatkan ukuran janin sesuai dengan usia kehamilan. Jikas terdapat seuatu yang mencurigakan pada kesehatan janin, dokter tentunya akan konfirmasi ke ibu. Apabila ada hal yang ibu belum jelas jangan sungkan untuk langsung bertanya ke dokter spesialis kandungannya.Selama itu yang bisa ibu lakukan adalah tetap menjaga kandungan dengan baik dengan mengkonsumsi makanan bergizi, suplemen kehamilan, tidak merokok atau minum-minuman beralkohol, jangan minum obat sembarangan tanpa konsultasi terlebih dahulu, tidak melakukan aktivitas berat, hindari stress, istirahat cukup, dan kontrol kehamilan rutin.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
menjaga kehamilanpemeriksaan kehamilanusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil