Normalkah berat janin 315 g di USG 19 minggu?

IS Info Penanya: IS
Dok saya mau tanya, usia kandungan saya 19 minggu. Hasil usg :BPD : 4,5 cmAC : 15, 6 cmFL : 3,3 cmFW : 315 gNormal tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

USG merupakan test yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menggambarkan perkembangan janin. Fungsi dari pemeriksaan USG adalah untuk memantau perkembangan janin, memeriksa detak jantung janin, memantau kondisi cairan ketuban, dll.

Ada beberapa istilah dalam membaca USG :

  1. BPD (Biparietal diameter)
    Digunakan untuk mengukur janin di trimester dua atau tiga. Rasio ini digunakan untuk mengetahui pengukuran dalam, kelainan kepala atau anggota gerak bawah, dan untuk mendeteksi gangguan pertumbuhan janin.
  2. AC (Abdominal Circumferencial)
    Ukuran lingkaran perut bayi. Biasanya pengukurannya disatukan dengan pengukuran BPD dan akan menghasilkan perkiraan berat bayi. Digunakan untuk mengukur kehamilan di trimester dua atau tiga.
  3. FL (Femur Length)
    Ukuran panjang tulang paha bayi. Digunakan untuk mengukur kehamilan di trimester dua atau tiga.
  4. FW (Fetal Weight)
    Berat janin

Pada usia 19 minggu ukuran normal BPD adalah 46cm, AC adalah 14,1cm, FL adalah 3,0cm, dan FW adalah 240 gram. Dari hasil USG yang Anda lampirkan janin Anda dalam keadaan normal. Tetap mengkonsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan air puith minimal 2 liter / hari, suplemen asam folat dan zat besi. Rutin kontrol ke dokter kandungan minimal 1 bulan sekali.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu menyusui hanya berisiko kecil mengalami kanker payudara, dibandingkan yang tidak menyusui.

Ibu Menyusui Tak Berisiko terhadap Kanker Payudara, Benarkah?

Tidak hanya untuk bayi, menyusui juga ternyata dapat memberikan manfaat yang besar bagi ibu. Menurut penelitian, ibu menyusui dianggap memiliki risiko lebih rendah untuk menderita kanker payudara dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui.