12 Nov 2020, 13:19Kandungan

Hasil TP positif tp USG kosong, kenapa?

NN
Info Penanya: NN0
Selamat siang dok.. Saya sdh telat 8 hri. Dan sdh 2 hari saya lakukan TP dan kedua TP. Hasilnya positif. Kemudian saya periksa ke dokter kandungan dan melakukan cek USG utk memastikan hal tersebut namun hasilnya kosong pada rahim. Dan selama ini saya TDK mengalami flek dan pendarahan atau keluar cairan. Atas kejadian tersebut. Apa yg harus saya lakuin.. Krn jujur saya. Agak stress pas dibilang hasil USG ya kosong.
262 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, NTerima kasih atas pertanyaan AndaTes pack adalah salah satu alat yang digunakan untuk memastikan ada atau tidaknya kehamilan. Alat ini bekerja dengan cara mendeteksi hormon HCG pada urin, dimana hormon ini mulai terdekeksi sekitar 10-12 hari paska terjadinya pembuahan.Hamil kosong, atau dalam istilah medis kerap disebut dengan blighted ovum adalah keadaan dimana hasil pembuahan yang dilakukan sel speerma terhadap sel telur tidak berkembang lebih lanjut untuk menjadi embrio atau calon janin. Pada blighted ovum, akan terjadi keluhan-keluhan seperti orang hamil pada umumnya.

Adapun beberapa gejala pada blighted ovum adalah:

  • Mual muntah di pagi hari
  • Terlambat haid yang disertai dengan ahsil test pack positif
  • Payudara terasa nyeri
  • Pada kurun waktu tertentu atau kondisi lebih lanjut bisa terjadi flek dan berkaibat pada keguguran
Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti dari blighted ovum, namun kualitas sperma, kualitas sel telur dan faktor keturunan bisa meningkatkan risiko terjadinya blighted ovum. Terkait dengan pertanyaan Anda, kondisi yang terjadi pada Anda bisa karena blighted ovum, atau bisa juga karena hamil namun kantong kehamilan masih belum terisi oleh embrio. Karena janin atau embrio mulai berkembang di dalam kantong kehamilan sejak usia kehamilan 5-6 minggu.Oleh karena itu, lakukanlah kontrol kembali ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan keadaan ini, dan dilakukan evaluasi serta tindakan dan pengobatan bilamana diperlukan. Pastikan agar Anda tetap konsumsi makanan sehat bergizi, konsumsi sayur dan buah, istirahat cukup serta hindari stes dan kecemasan agar kesehatan Anda tetap terjaga. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
kehamilanhaidtes kehamilanhamil kosong
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil