Hasil tes urine apa artinya?

MA Info Penanya: MA, Wanita, 24 Tahun
Saya ingin bertanya soal hasil test urine saya dok?Saya kan waktu itu ikut test darah dan urineTerus hasil test urinenyaProtein positif 2+Kristal urat amorf 1+Bakteri positif 1+Leukosit esterase positif 1Leukosit sedimen 10-15Dok itu artinya apa ya dok? Saya sakit apa ya dok? Soalnya saya ada tidak sempat lagi buat kembali ke tempat saya cek darah dan urine
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MA,

Cek urin adalah salah satu pemeriksaan yang sering dilakukan secara rutin selain pemeriksaan darah lengkap. Kegunaan cek urin adalah untuk melihat kelainan yang ada fi ginjal dan saluran kemih.

Penyakit yang sering menyebabkan perubahan pada hasil cek urin adalah:

  • Infeksi saluran kemih yang ditandai dengan adanya bakteri, kadar leukosit yang meningkat sebagai tanda adanya infeksi, hingga adanya sel darah merah (eritrosit). Meski tidak tampak darah yang bercampur dengan urin secara kasat mata, namun adanya infeksi saluran kemih bisa tampak sel darah merah pada hasil urinnya.
  • Batu ginjal. Hasil urin akan ditandai dengan adanya kristal, serta sel darah merah yang meningkat.
  • Glomerulo nefritis yang ditandai dengan adanya protein di hasil urinnya. Atau bila kondisi Anda sedang hamil maka adanya protein di dalam urin menandakan Anda mengalami preeklampsia yang ditandai dengan tekanan darah yang meningkat.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki hasil urin tersebut adalah:

  1. Minum air putih yang banyak, minimal 2 liter/ hari.
  2. Hindari menahan kencing.
  3. Jaga kebersihan kelamin dengan membasuh kelamin dari depan ke belakang, dan dilap kering agar area kelamin tidak lembap.
  4. Hindari memakai sabun pembersih kelamin.
  5. Hindari makanan asin.
  6. Berendam dengan air rebusan daun sirih yang sudah dicuci.

Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter terdekat untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih kambuh lagi

Cara Mengobati dan Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah penyakit pada saluran perkemihan yang dapat menyerang kandung kemih, ginjal, dan saluran penghubungnya. Konsumsi obat antibiotik, perawatan di rumah sakit, banyak minum air putih, dan hindari kebiasaan menunda buang air kecil merupakan cara mengobati sekaligus mencegah agar infeksi saluran kemih tidak berujung pada komplikasi.