Hasil testpack samar apa artinya?

RB Info Penanya: RB, Wanita, 22 Tahun
Awalnya saya tes karena dibulan itu saya belum haid, hasilnya positif, tetapi saya haid selama 5 hari, dan nyeri tak seperti biasanya, lalu saya tes lagi hasilnya positif samar, itu bagaimana ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RB,

Tes pack adalah pemeriksaan sederhana untuk melihat seorang wanita sedang hamil atau tidak menggunakan urin di pagi hari. Hasil ini mengandalkan hormon HCG yang ada di urin selama kehamilan. Sehingga pemeriksaan yang terlalu cepat atau metode pemeriksaan yang salah bisa menimbulkan hasil yang salah atau meragukan.

Perihal yang Anda alami, hasil positif 2 memang bisa menunjukkan kehamilan, namun bisa saja hamil anggur, hamil diluar kandungan atau memang benar hamil normal. Dan saat Anda mengalami perdarahan selama 5 hari dan nyeri perut kemungkinan terjadi proses keguguran. Saat terjadi proses keguguran maka hormon kehamilan HCG akan pelan-pelan menurun sehingga hasil tes pack akan menunjukkan garis 2 samar yang lama-lama akan menunjukkan hasil negatif.

Namun bila Anda memang hamil, kemungkinan yang lain adalah bisa saja perdarahan yang terjadi akibat perdarahan pada dinding rahim yang disebut dengan istilah pendarahan subkorionik.

Sementara yang dapat dilakukan bila masih banyak perdarahan dan perut nyeri adalah perbanyak minum air putih dan beristirahat.

Saran saya sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan agar bisa dilakukan USG untuk memastikan apa yang terjadi pada rahim Anda. Karena tidak mungkin seorang wanita mengalami haid saat hamil.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sayuran berwarna hijau kaya akan asam folat seperti brokoli sangat baik untuk ibu hamil

11 Jenis Sayuran untuk Ibu Hamil yang Paling Dianjurkan

Makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil sangat penting, seperti sayuran berwarna hijau yang kaya akan vitamin C, beta karoten, dan aam folat. Kandungan gizi yang baik dapat membantu perkembangan janin, meningkatan berat badan lahir yang sehat, dan mencegah risiko anemia.