Test pack negatif, apakah boleh konsumsi obat maag dan tiroid ?

P Info Penanya: P
Dokter. Saya mau tanya. Saya rasa payudara saya nyeri sudah 2mnggu terakhr. Biasa nya nyeri 1mnngu sblm haid. Dan rasa nyeri nya berasa agak nyerian yg sekarang. Ukuran payudara agak membesar dan berasa padat. Tapi saya blm telat haid. Tadi pagi saya coba tespek hasilnya negatif. Apakah saya tes terlalu cepat atau bukan hamil. Dan saya mempunyai riwayat penyakit magh dan tiroid. Apakah saya boleh makan obat2an untuk magh dan tiroid. Mohon pencerahan dan solusinya dokter.Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, P.

Test pack negatif merupakan keadaan dimana tidak terdeteksinya peningkatan kadar hormon kehamilan yang dikenal dengan hCG (human Chorionic Gonadotropin). Umumnya pada keadaan hamil yang telah memasuki waktu tertentu dan beberapa keadaan lainnya, hCG dapat meningkat dengan signifikan dan cara kerja dari pemeriksaan test pack adalah mendeteksi keberadaan hormon tersebut. Pada beberapa keadaan dapat pula terjadi hasil test pack yang negatif, yakni pemeriksaan yang dilakukan terlalu dini pada masa kehamilan awal serta alat test pack yang kadaluwarasa atau sudah rusak.

Mengenai keluhan yang Anda alami, nyeri payudara yang terasa lebih dominan masih bisa terjadi karena perubahan hormon yang berkaitan dengan siklus menstruasi. Didukung dengan belum adanya keterlambatan haid dan hasil test pack yang negatif, mungkin bukan merupakan proses kehamilan. Akan tetapi jika Anda khawatir, Anda dapat menunggu hingga ada keterlambatan haid lalu mencoba untuk melakukan test pack ulang.

Terkait dengan obat untuk penyakit lain yang Anda derita, apabila benar terjadi kehamilan tentunya Anda perlu untuk lebih waspada. Terdapat beberapa golongan obat yang telah diteliti keamanannya untuk digunakan pada Ibu hamil khususnya pada trimester pertama. Salah satu jenis obat maag yang terbukti aman adalah golongan antasida. Anda juga dapat mengonsumsi obat maag alami terlebih dahulu seperti pada artikel berikut agar lebih aman.

Sedagkan untuk obat penyakit tiroid, karena tergolong pada obat yang bersifat spesialistik, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis Penyakit Dalam yang menangani Anda. Dokter Anda akan memilihkan terapi yang sesuai dengan keadaan kemungkinan kehamilan pada Anda. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat mengalami varises, vena dapat terlihat menonjol atau berliku-liku

Temukan Penyebab Varises dari Faktor-faktor Risikonya

Varises adalah kondisi pembengkakan dan pembesaran pembuluh darah vena, biasanya di kaki dan tungkai. Penyebabnya adalah kurang olahraga, jarang bergerak, kehamilan, dan obesitas.