21 Sep 2020, 14:02Kandungan

Hasil tespek H9 agak samar, H10 keluar bercak cokelat, apakah penyebabnya ?

DA
Info Penanya: DA, Wanita, 24 Tahun
Saya sudah telat haid 9hari sya tespekin hasilnya 2gris tp agak samar. Mau tespek ulang tapi dihari ke 10 saya keluar bercak coklat muda-agak sdkt tua ky keputihan smp hari skrg ke 12. Bercaknya sdkit n tidak bertambah kadang muncul kdang tidak. Ia jg tidak menempel pada pembalut tp hanya keluar ketika saya mengelapnya dg tisu. Saat ini sya bedrest aja dok, blm brni ke bidan krna blm ykin positif tkutnya mlh jd haid. Mau tespek lg tp tkut msh samar.ap bhaya? Apa yg harus sya lakukan?
859 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, DA.Test pack merupakan suatu alat sederhana yang digunakan untuk mengidentifikasi adanya kehamilan dengan cara mendeteksi hCG (human chorionic gonadotropin) atau hormon kehamilan. Saat proses awal terjadinya kehamilan, bakal janin yang dibentuk oleh pertemuan sel telur dan sperma, akan melakukan implantasi atau menempel pada dinding rahim. Pada proses tersebut, terjadilah pelepasan hormon hCG ke berbagai bagian tubuh, salah satunya di keluarkan ke urine. Itulah mengapa test pack menggunakan sampel urine. Sedangkan peningkatan hormon kehamilan sendiri, terjadi dari hari kehari dengan peningkatan dua kali lipat setiap dua sampai tiga hari. Untuk itu membutuhkan waktu yang cukup agar test pack dapat mendeteksi keberadaan kadar hCG secara maksimal dan memberikan hasil yang akurat.Mengenai hasil test pack yang samar, seperti pada penjelasan diatas, kemungkinan terjadi karena keberadaan hormon kehamilan yang masih kurang signifikan jumlahnya, maka ada baiknya pemeriksaan test pack diulang setelah memberikan waktu yang cukup untuk terjadinya peningkatan kadar hormon kehamilan dalam tubuh. 

Sedangkan mengenai bercak coklat yang keluar, dapat berupa bercak darah yang diakibatkan oleh :

  • akibat perubahan serviks atau leher rahim dan hormon yang masih normal terjadi
  • iritasi serviks dan hormon
  • gangguan kehamilan :
    • hamil ektopik
    • hamil anggur
  • keguguran
Untuk kondisi yang Anda alami saat ini, istirahat total atau bedrest boleh dilanjutkan dan dibantu dengan konsumsi vitamin asam folat. Seminggu setelah pemeriksaan test pack sebelumnya, test pack dapat diulang dan apabila flek darah sudah berhenti, periksakanlah ke bidan. Namun jika perdarahan semakin banyak ada baiknya diperiksakan secara langsung ke dokter Kandungan.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
kehamilanperdarahanflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil