04 May 2021, 12:00Penyakit Lainnya

Hasil tes urine apakah normal?

TM
Info Penanya: TM0
Halo dok mau bertanya...saya habis tes urine dan hasil lekosit 1-2 nilai rujukannya 0-2 dan eritrositnya 1-2 nilai rujukannya 0-1 itu maksutnya gimana ya dok?
83 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang TM,Pemeriksaan urine adalah pemeriksaan laboratorium tambahan untuk membantu dokter menegakkan diagnosa dari suatu kondisi kesehatan. Pemeriksaan urine sendiri terdiri dari beberapa unsur dimana dapat digunakan untuk melihat kondisi saluran kemih apakah ada infeksi saluran kemih, adanya masalah limbah ginjal, batu saluran kemih ataupun kondisi lainnya.Apabila sebelumnya ada masalah buang air kecil seperti:
  • Menjadi lebih sering buang air kecil
  • Urine menjadi keruh
  • Perih saat buang air kecil
  • Buang air kecil menjadi tidak lampias atau terasa tidak tuntas
  • Urine menjadi bercampur darah
Gejala ini bisa dipicu oleh infeksi saluran kemih. Pada hasil pemeriksaan sendiri didapatkan adanya leukosit atau sel darah putih penanda infeksi tapi masih dalam jumlah normal, sedangkan untuk eritrosit atau adanya darah merah di urine perlu dicari tau karena apa kondisinya. Apakah ada luka di saluran kemih ataupun batu saluran kemih atau ketika periksa sedang dalam kondisi menstruasi.Untuk itu kembali pada dokter yang meminta pemeriksaan tersebut agar dipastikan apa kondisi yang dialami dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
infeksi saluran kencingsaluran kemihpenyakit saluran kemih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil