Hasil tes kehamilan 2 garis, salah satunya garis samar. Apa artinya?

HA Info Penanya: HA, Pria, 29 Tahun
Selamat sore dok,saya mau tanya mengenai pemakaian taspek.istri saya pagi tadi ngecek urine dengan taspek trus hasilnya garis 2 tetapi untuk garis yang diatas garisnya samar.itu bagaimana ya dok.terima kasih banyak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, HAGF

Tes kehamilan saat ini selain semakin mudah digunakan, sensitifitas dan spesifisitasnya semakin baik. Cara kerjanya dengan mendeteksi kadar hormon Human Chorionic Gonadotropin (hCG). Hormon ini hanya diproduksi wanita setelah terjadi pembuahan pada sel telur yang sukses menanamkan diri pada dinding hamil. 

Hormon akan mulai dihasilkan sekitar 6 hari setelah terjadi pembuahan. Sehingga dianjurkan agar pemeriksaan tes kehamilan dilakukan setidaknya 1 minggu setelah terlambat haid/menstruasi. Sehingga kadar hCG semakin tinggi dan hasilnya pada tes kehamilan akan lebih tampak.

Untuk memastikan akurasi dari tes kehamilan, maka cara penggunaannya dengan memeriksakan air kencing pertama kali di pagi hari karena kandungan hormon tersebut lebih pekat. Pada kasus anda kemungkinan istri berhasil hamil.

Sebaiknya anda konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk dilakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) untuk memastikan hamil atau tidaknya dengan melihat kantung kehamilan pada rahim. Anda dapat diskusi langsung dengan Dokter Obgyn, mengenai kehamilan.

Hamil Muda? Awasi 7 Masalah Trimester Pertama Kehamilan Ini!

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menu lebaran sehat tidak harus selalu mengandung santan.

5 Alternatif Menu Lebaran Sehat yang Wajib Coba

Sajian saat lebaran selalu identik dengan masakan serba santan. Yuk sayangi tubuh dengan membuat alternatif menu lebaran sehat berikut ini.