05 Aug 2020, 17:08Infeksi

Hasil Tes HIV Non Reaktif & Kemungkinan Tertular

HH
Info Penanya: HH, Wanita, 25 Tahun
Sore dok, 7 bulan lalu pasangan saya melakukan tes HIV karena pernah berhubungan seks dengan orang lain 2 tahun lalu dan hasilnya non reaktif. Apakah saya ada kemungkinan tertular dok & perlukah saya tes juga? Dan apakah pasangan saya perlu tes ulang?2 minggu sblm tes kami melakukan seks oral & kali pertama untuk saya dan saat itu saya sedang panas dalam jadi ada sariawan dok. Terima kasih
4888 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang HH,Infeksi HIV adalah infeksi yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang bisa menular melalui beberapa kegiatan berisiko seperti penggunaan jarum suntik bersama biasanya pada pengguna narkoba suntik, melakukan hubungan seksual dengan penderita HIV, melalui produk darah yang terkontaminasi virus HIV, melalui ibu dengan HIV positif yang tidak ditangani kepada bayinya selama kehamilan, melahirkan atau menyusui. Jika sudah dilakukan pemeriksaan setelah 2 tahun dan hasilnya non reaktif berarti tidak ada infeksi HIV yang terjadi. Penularan pada pasangan Anda juga tidak ada apabila Anda tidak memiliki infeksi HIV. Seks oral sendiri kemungkinannya juga kecil untuk menularkan kecuali jika ada infeksi HIV dan terdapat luka dimulut.Apabila kembali melakukan kegiatan berisiko, bisa kembali dilakukan pemeriksaan ulang paling cepat 3 minggu atau optimalnya 3 bulan setelah melakukan hubungan berisiko tersebut. Jadi cara terbaik mencegah penularan HIV adalah:
  • Setia pada pasangan
  • Hindari berganti-ganti pasangan seksual
  • Gunakan pengaman seperti kondom
  • Hindari penggunaan zat terlarang seperti narkoba
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan berkala jika melakukan kegiatan berisiko
  • Menghindari aktivitas seksual diluar nikah untuk menghindari berganti-ganti pasangan
Jadi jika masih ragu dengan kondisinya, bisa juga dilakukan konseling baik pada Anda dan pasangan serta dilakukan pemeriksaan tes HIV ulang agar dipastikan kondisinya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan seks beresikohivinfeksi virus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil