Hasil tes fungsi hati dalam batas normal, perut terasa penuh. Bagaimana penjelasannya?

IG Info Penanya: IG, Pria, 53 Tahun
Hasil tes hati saya,Sgot 15 Sgpt 24 dan perut terasa penuh Kemaren sudah ke dokter katanya normal ,gimana ini dokter?terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IGNP,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kalau dari hasil laboratorium darah Anda, fungsi liver masih dalam batas normal. Bila perut terasa penuh, biasanya akibat gas yang dihasilkan pencernaan. Sedangkan liver atau hati lebih berfungsi dalam pencernaan lemak. Jadi untuk sementara hindari juga makanan berlemak untuk mencegah keluhan perut penuh atau kembung.

Keluhan perut terasa penuh, begah atau kembung bisa juga disertai mual, muntah, mules, atau diare. Gejala ini disebut sindrom dispepsia atau kumpulan gejala dispepsia. Biasanya akibat gangguan di lambung. Bisa karena pencernaan sensitif terhadap makanan yang bersifat asam, pedas, berminyak atau berlemak. Bisa juga akibat asupan makanan/minuman penghasil gas seperti kopi, rokok, buah asam atau soda.

Untuk mencegahnya Anda perlu menjaga pola hidup sehat, dengan cara menghindari makanan penyebab gas, stop merokok dan minum kopi. Bisa juga dengan aktivitas olahraga agar pencernaan lebih lancar dan gas bisa keluar dengan cepat. Untuk konsultasi lebih lanjut bisa dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam terutama dengan keahlian di bidang pencernaan. Saya lampirkan artikel mengenai cara mengatasi perut kembung.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada pencernaan umumnya bisa memicu geala perut terasa panas

9 Penyakit Ini Ditandai dengan Gejala Perut Terasa Panas

Perut terasa panas hanyalah salah satu gejala dari berbagai macam gangguan kesehatan yang bisa terjadi di saluran pencernaan. Anda perlu mewaspadai dan mengobatinya agar perut panas dan gejala mengganggu lainnya tidak terus mendera Anda.