hasil swab vagina ditemukan adanya bakteri diplokokus gram negative, penyakit apakah itu?

S Info Penanya: S, Wanita
Saya wanita 30 tahun. Saya merasakan keluhan lalu melakukan tes lab (sekret vagina) dengan hasil sbb:Bakteri: Gram negative batang | Diplococcus gram negative ekstraseluler | Diplococcus gram negative intraselulerLekosit: >50 / LPI & Epitel: 10-15 / LPI1. Dalam bahasa awam, penyakit apakah yang saya derita?2. Kira-kira dari mana saya bisa terjangkit penyakit ini? (Apa hanya bisa tertular melalui hubungan seks, atau karena kurang higienis, atau karena perubahan hormonal). Thanks dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam S,

Gonorhea adalah penyakit yang disebabkan bakteri yang bernama Neisseria Gonorhoeae. Bakteri ini dalam pemeriksaan laboratorium ditemukan bentuknya diplococcus gram negatif dengan bentuk kecil dan banyak menyerupai biji kopi. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang ditularkan saat berhubungan seksual dalam istilah medis disebut STD (Sexual Transmitted Disease), namun untuk penyebab pasti yang anda alami mesti dilakukan observasi lebih mendalam agar diketahui penyebabnya apakah memang dari hubungan seks atau yang lain.

Diantara gejala Gonoroe adalah

  1. Nyeri saat kencing
  2. Kencing disertai nanah
  3. Panas baik bisa di organ intim atau seluruh tubuh

Tips yang paling utama untuk terhindar dari penyakit ini adalah tidak melakukan free sex atau sering berganti pasangan dan tidak melakukan hubungan seks dengan penderita penyakit ini. Segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. Berikut saya sertakan artikel Ciri-ciri gonore pada wanita untuk menambah wawasan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat kontrasepsi kondom dipercaya mampu menghambat risiko penularan vaginosis bakteri.

Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Salah satu faktor penyebab dari vaginosis bakterial adalah penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil kontrasepsi. Vaginosis bakteri ini dapat meningkatkan risiko utama keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur.