Hasil sputum negatif tetapi ada gejala sesak dan rontgen paru tb paru aktif

SS Info Penanya: SS, Wanita, 2019 Tahun
Dok. Saya ingin tanya, beberapa hari lalu say rongent, dan hasilnya TB paru aktif, tapi pemeriksaan sputum nya negatif, trus gejalanya hanya sesak, tidak ada batuk berdahak atau lain2 seperti gejala TB pada umumnya.. trus. In harus di obati apa gimana dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Tuberkulosis atau sering disebut TBC adalah penyakit saluran nafas atas yang disebabkan oleh mycobacterium tuberculosis. Infeksi ini umumnya menyebar lewat pembuluh darah dan kelenjar getah bening tetapi sering menyerang bagian paru-paru.

Gejala TB paru aktif adalah sebagai berikut:

1. batuk lebih dari 3 minggu atau lebih, bisa disertai darah.

2. penurunan berat badan tiba-tiba.

3. demam dan keringat dingin malam hari.

4. sesak saat bernafas atau batuk.

Cara penegakan diagnosa untuk tuberkulosis dapat ditegakkan berdasarkan wawancara, pemeriksaan fisik, penunjang dengan cek dahak/ sputum, dan rontgen paru. Apabila hasil pemeriksaan test dahak 3x (seawaktu-pagi-sewaktu) didapatkan hasil positif satu maka dapat didiagnosa tuberkulosis.

Dari gejala dan cara penegakan diagnosa yang sudah dijelaskan diatas, cek dahak negatif tetapi hasil rontgen paru tb paru aktif (dengan gambaran khas adanya perselubungan di bagian apex paru) dan didapatkan sesak maka atas pertimbangan kemungkinan dapat didiagnosa TB paru dan perlu mendapatkan pengobatan TB paru selama 6 bulan.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)