06 Aug 2020, 07:36Penyakit Lainnya

Hasil rontgen thorax bagaimana cara membacanya?

AC
Info Penanya: AC, Wanita, 22 Tahun
Hallo dok saya ingin bertanya terkait hasil rontgen thorax yang dijalani antara lain Pulmo s cor dan tak tampak puluonal s bone metets
5969 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam AC,Foto rontgen adalah salah satu pemeriksaan penunjang yang paling sering dilakukan selain pemeriksaan darah. Dari hasil foto rontgen ini bisa ditentukan ada tidaknya kelainan pada rongga dada yang terdiri dari paru-paru, jantung.

Kelainan-kelainan yang bisa muncul pada hasil foto rontgen adalah:

  • Penyakit paru-paru seperti TBC, pneumonia, COPD, kanker paru, bronkitis, atelektasis, efusi pleura (adanya cairan pada rongga pleura, lapisan pembungkus paru-paru), dll.
  • Penyakit jantung seperti pembesaran jantung. Sekali jantung mengalami pembesaran, maka tidak bisa kembali dikecilkan. Yang bisa dilakukan hanya menjaga agar jantung tidak semakin membesar.
Perihal yang Anda sampaikan, sepertinya ada kesalahan dalam pengetikan hasil bacaan rontgennya, sehingga saya tidak bisa menjelaskan lebih lanjut. Yang pasti adalah pulmo istilah untuk menggambarkan paru-paru, sedangkan cor untuk menggambarkan jantung.Sedangkan untuk singkatan S seringkali untuk menggambarkan sinistra atau bagian sisi kiri. Misal pulmo S artinya paru-paru kiri.Lakukan konsultasi dengan dokter radiologi yang melakukan pembacaan hasil rontgen Anda agar bisa dijelaskan lebih lanjut sesuai dengan keluhan yang ada.Salam sehat,dr. Vina
penyakit paru-parupenyakit jantungotot dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil