12 Oct 2020, 18:21Pernapasan

Hasil rontgen paru yang meragukan, apakah TB?

SD
Info Penanya: SD0
Dok ingin bertanya, saya habis rontgen, dan kesannya TB lama curiga aktif, DD/Post TB dan Bonchopneumonia duplek. Tapi dokter paru yg memeriksa saya bilang paru2 normal, sedangkan hasil rontgennya kesannya seperti diatas tadi. Dan sebelumnya saya tidak mengalami gejala TB apapun. Itu bagaimana ya dok?
4771 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, SD.TB (Tuberkulosis) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri tahan asam Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini dapat menyerang organ tubuh mana saja, namun yang paling sering terserang adalah paru, yang dalam dunia medis disebut sebagai TB paru.Biasanya, seseorang dengan TB paru akan memiliki gejala seperti batuk berkepanjangan, batuk darah, demam ringan, sesak napas, keringat malam, serta berat badan yang menurun. Namun, gejala-gejala tersebut tidak mutlak harus dialami. Pasalnya, ada sekelompok kecil orang yang hanya mengalami gejala ringan, atau bahkan tidak memiliki gejala apapun, tetapi terinfeksi oleh bakteri tersebut.Untuk memastikan apakah seseorang terinfeksi atau tidak, perlu dilakukan tanya jawab oleh dokter tentang gejala yang dialami. Lalu, dilakukan juga pemeriksaan fisik dan beberapa pemeriksaan penunjang yang diperlukan, seperti:
  • Pemeriksaan laju endap darah
  • Pemeriksaan bakteri tahan asam dari sampel dahak
  • Rontgen paru
  • Analisis cairan pleura, apabila ditemukan cairan dalam selaput paru
Apabila hasil rontgen paru Anda memiliki kesan seperti itu, namun interpretasi dokter paru adalah normal, maka Anda disarankan memantau dahulu kondisi Anda dengan tetap menjaga kesehatan paru. Hindari merokok maupun menjadi perokok pasif. Hindari juga asap, debu, dan polusi udara yang berlebih. Anda juga dapat melakukan evaluasi rontgen enam bulan ke depan, dan dibandingkan dengan hasil sekarang. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
tbctuberkulosisradang paru-paru
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil