Positif covid19, apakah hasil rapid test akan selamanya reaktif?

A Info Penanya: A, Pria, 29 Tahun
Hi dok, mau tanya ketika di hasil SWAB Test dinyatakan Positive dan Rapid Test Reaktif, apakah hasil test rapid saya akan selamanya Reaktif meskipun melakukan Rapid Test berulang kali ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Covid19 adalah salah satu varian baru dari virus corona. Untuk dapat mengetahui seseorang terpapar virus tersebut dilakukan skrining melalui pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang laboratorium seperti rapid test dan swab test (PCR).

Rapid test covid19 adalah pemeriksaan skrining virus covid19 dengan mendeteksi antibodi (imunoglobulin) terhadap virus pada tubuh. Pada pemeriksaan ini akan dilakukan deteksi terhadap 2 jenis imunoglobulin yaitu:

  • IgM, antibodi ini terbentuk saat pertama kali tubuh terpapar oleh virus, dan dapat bertahan hingga 21 - 28 hari setelah terinfeksi.
  • IgG, antibodi ini terbentuk dari infeksi pada masa lampau, ketika tubuh sudah pernah terinfeksi atau terpapar dengan virus pada masa lalu. IgG muncul sekitar 7-8 hari terinfeksi dan dapat bertahan kurang lebih selama 28  hari di dalam darah. 

Swab test covid19, adalah pemeriksaan untuk mendeksi keberadaan virus dari usap hidung/tenggorok untuk menganalisa RNA dari virus covid19. Permeriksaan ini adalah pemeriksaan konfirmasi keberadaan virus covid dalam tubuh. 

Terkait dengan pertanyaan Anda, bila hasil swab dinyatakan positif, saat ini di dalam tubuh Anda terdapat virus covid19. Agar penanganan lebih tepat sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter agar dokter melakukan swab test kembali sampai dengan mendapatkan hasil negatif, untuk memastikan bahwa sudah tidak ada lagi RNA virus covid19 di dalam tubuh. Sedangkan pada rapid test, IgG akan bertahan selama 28 hari, dan IgM bertahan sekitar 21- 28 hari. 

Saran untuk mencegah penularan virus covid19:

Bila keluhan dirasakan semakin memberat, segera hubungi 119 ext 9.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hantavirus adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh tikus

Hantavirus Mengintai di Tengah Pandemi Corona, Ini Faktanya

Hantavirus adalah penyakit baru yang muncul ditengah pandemi corona. Penyakit ini disebabkan oleh urine maupun kotoran yang dikeluarkan oleh tikus dan hewan pengerat lainnya.