17 Dec 2020, 10:57Penyakit Lainnya

Hasil Rapid tes IgG reaktif apakah bisa non reaktif?

AB
Info Penanya: AB0
selamat siang dok saya mau tanya 2 hari yg lalu saya rapid tes dan hasilnya Ig M saya non reaktif sedangkan Ig G sya reaktif jika saya rapid test dlm waktu 3 hari lgi apakah hasilnya akan non reaktif
3125 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam AB,Rapid test antibodi covid19 adalah pemeriksaan cepat untuk skrining apakah ada kecurigaan pada infeksi covid19 atau corona virus. Pemeriksaan rapid test ini bukanlah pemeriksaan utama untuk mengkonfirmasi apakah terinfeksi corona atau tidak. Pemeriksaan rapid test sendiri ada beragam, ada yang hanya menampilkan hasil antibodi total dan juga ada yang menampilkan hasil antibodi IgM dan IgG. IgM sendiri adalah penanda antibodi dimana sedang terjadi reaksi akut dan IgG adalah antibodi yang merupakan antibodi pengingat yang bisa reaktif apabila pernah mengalami infeksi sebelumnya.IgM sendiri dapat menjadi non reaktif jika sudah lewat masa akutnya tetapi IgG akan menetap reaktif berbulan-bulan. Jadi jika diulang pemeriksaan dalam 3 hari, dapat memberikan hasil yang sama. 

Konfirmasi dengan pemeriksaan swab tes PCR

Untuk memastikan apakah terjadi infeksi atau tidak, perlu dilakukan konfirmasi dengan pemeriksaan swab PCR agar dipastikan apakah terjadi infeksi corona virus atau tidak. Tetap jaga protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan menjaga jarak dengan orang lain.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
tips kesehataninfeksi viruscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil