15 Nov 2020, 20:12Infeksi

Hasil Rapid test IgG reaktif, apakah yang sebaiknya dilakukan?

JR
Info Penanya: JR0
Selamat malam dok, saya bertanya tadi saya rapid test dan hasilnya IgG reaktif dn IgM non reaktif, apakah saya harus swab untuk memastikan atau bagaimana kalau saya menunggu seminggu dan tes rapid lagi apakah kemungkinan sudah sembuh
1299 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, JTerima kasih atas pertanyaan AndaPemeriksaan rapid test mendeteksi antibodi pada tubuh yang melawan virus corona. Pemeriksaan rapid test bukanlah konfirmasi seseorang positif terinfeksi virus covid 19 atau tidak. Antiobodi pada tubuh terbentuk saat tubuh melakukan perlawanan terhadap penyebab infeksi pada tubuh, bisa berupa virus, bakteri ataupun zat lainnnya. Pada pemeriksaan rapid test corona ini, akan ditemukan 2 jenis antibodi yang dideteksi pada hasil pemeriksaannya.

Adapun 2 jenis antibodi yang dideteksi pada pemeriksaan rapid test corona adalah:

  • IgM
    Merupakan antibodi yang terbentuk pada awal tubuh terinfeksi oleh virus. Pada infeksi covid19, antibodi ini terbentuk pada hari ke tiga setelah infeksi dan akan bertahan di dalam tubuh kurang lebih hinggal 3 - 4 minggu (21-28 hari)
  • IgG
    Merupakan antibodi pada masa lampau, atau kerap disebut dengan antibodi masa lampau. Yaitu ketika tubuh pernah terpapar oleh virus. Pada infeksi covid19, IgG mulai terbentuk pada 7-10 hari setelah terinfeksi dan bertaan lama, lebih dari 4 minggu (28 hari) dalam darah
Terkait dengan pertanyaan Anda, pada pemeriksaan rapid test alat tersebut mendeteksi antibodi. Untuk memastikan apakah Anda positif terinfeksi covid19 atau tidak, sebaiknya lakukan swab test PCR. Swab test PCR merupakan pemeriksaan gold standard, atau pemeriksaan acuan yang digunakan untuk mengkonfirmasi apakah seorang terinfeksi virus covid19 atau tidak. Lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk dilakukan serangkaian pemeriksaan fisik, wawancara medis dan dilakukan pemeriksaan swab test PCR. Tindakan yang bisa Anda lakukan saat ini adalah:
Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
infeksi saluran pernapasaninfeksi viruscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil