Hasil pemeriksaan tes ginjal dan urine, apakah artinya?

EH Info Penanya: EH, Wanita, 37 Tahun
Dok mau tanya saudara saya tes ginjal dan urine hasilny terdapat eLFG CKD - EPI = >90dan Epitel = skuamosa 5-20 / LPK artinya apa yah Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, EH

Terima kasih atas pertanyaannya.

Hasil lab yang pertama adalah Laju Filtrasi Ginjal >90, itu artinya ginjal menyaring dan mengeluarkan kreatinin dengan baik. Nilai dibawah 90 berarti ada penurunan fungsi ginjal dalam mengeluarkan zat sisa dari tubuh.

Skuamosa adalah sel mati yang terdeteksi di dalam urine. Sel berasal dari saluran kencing atau tercampur ke dalam kencing. Pada wanita peningkatan terjadi pada saat ada radang saluran kencing. Kadar dari hasil pemeriksaan juga tidak terlalu tinggi jadi masih dalam batas normal.

Pemeriksaan laboratorium adalah pemeriksaan pelengkap untuk membantu diagnosa suatu penyakit. Jadi perlu diketahui juga apakah ada gejala tertentu atau riwayat penyakit tertentu sehingga dilakukan pemeriksaan tersebut. Saya lampirkan artikel mengenai gejala gangguan ginjal dari bayi hingga orang dewasa.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kencing sakit bisa menjadi pertanda infeksi pada saluran kemih maupun penyakit lainnya

Kencing Sakit Belum Tentu Akibat Infeksi Saluran Kemih

Selain infeksi saluran kemih, keluhan kencing sakit juga bisa disebabkan oleh masalah di organ-organ lain, seperti kandung kemih dan prostat. Jika mengalami sakit saat buang air kecil, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter penyebabnya supaya lekas diketahui dan ditangani sebelum bertambah parah.