Hasil lab urine positif, penyakit apakah itu?

SP Info Penanya: SP
Malam dok, saya ingin bertanya tentang hasil lab urine dan darah. Untuk jenis pemeriksaan hematologi, Hemoglobin 10,8..hematrokit 30.. Jumlah leukosit 7,600..jumlah trombosit 198,500.. Untuk pemeriksaan urinasi, Warna urine kuning keruh..protein positif 2..hb positif 2.. Urubilunogen (negatif).. Untuk pemeriksaan sedimen, sel epitel (negatif)..lekosit 8-12.. Eritrosit 10-15.. Silinder hialin..jamur (positif), itu artinya apa dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Hasil pemeriksaan urin yang Anda lampirkan ini, itu menunjukan ke arah infeksi saluran kemih. Alasannya adalah karena ditemukannya sel leukosit, eritrosit dan jamur di dalam urin Anda. 

Infeksi saluran kemih adalalah penyakit pada saluran kemih dan menyerang kandung kemih, ginjal, dan salurannya. Infeksi ini sering disebabkan oleh bakteri E.coli. Gejala yang ditimbul berupa nyeri perut, nyeri otot, mual, muntah, urin berwarna keruh dan kadang disertai dengan darah. 

Selain itu, kondisi ini juga disebabkan karena kebiasaan menahan buang air kecil, kurangnya minum air putih, dan kurangnya menjaga kebersihan alat vital. Untuk itu, kondisi ini harus segera diatasi. Pengobatannya adalah dengan pemberian antibiotik. Antibiotik ini harus dalam pengawasan dokter dalam mengkonsumsinya. Jadi, sebaiknya Anda melaporkan hasil lab Anda ini ke dokter yang memeriksa Anda agar diberikan obat antibiotik yang tepat. Selain itu, dibantu juga dengan minum banyak air, mengkonsumsi vitamin C, menghindari minuman berkafein dan alkohol, dan mengkonsumsi jus cranberry tanpa pemanis.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi kandung kemih adalah untuk menyimpan urine hasil penyaringan ginjal

Mengenal Fungsi Kandung Kemih dan Cara-cara Menjaga Kesehatannya

Fungsi kandung kemih di tubuh adalah untuk menyimpan urine hasil dari penyaringan ginjal. Tidak menjaga kesehatannya dapat menyebabkan infeksi pada kandung kemih.