09 Jan 2021, 05:52Penyakit Lainnya

Apakah hasil lab menunjukkan gangguan tiroid?

E2
Info Penanya: E2, Wanita0
Dok saya baru menjalani tes lab, dan hasil nya menunjukkan FT4 sy adalah 16,2 dan TSHS saya adalah 1.965, apa maksudnya ya dok?
270 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, ETerima kasih atas pertanyaannya.Tiroid adalah kelenjar yang memproduksi hormon tiroid.  Hormon tiroid berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh, mengatur detak jantung, mengatur tekanan darah, serta mengatur gerak otot dan tulang.Hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid adalah T3 dan T4.  Selain itu, ada hormon TSH yang mengatur kerja dari kelenjar tiroid.  Adanya gangguan pada kadar hormon tiroiddapat menyebabkan adanya kondisi hipertiroid atau hipotiroid.

Tanda dan gejala gangguan hormon tiroid :

  • Hipertiroid umumnya ditandai dengan keringat berlebihan, berdebar, mata terlihat lebih menonjol, dan lebih suka cuaca dingin.
  • Hipotiroid ditandai dengan berat badan berlebih, sensitif pada udara dingin, badan lelah, kulit kering dan rambut rontok.  
Kondisi-kondisi tersebut selain dari tanda-tanda khasnya, dapat terlihat dari hasil tes hormon tiroid.  Nilai normal FT4 adalah 9-23 pmol/L dan TSHs berada pada rentang 0,5-6 uIU/mL.  Jika nilai ini dicocokkan dengan hasil lab Anda maka hasilnya masih dalam batas normal. 

Beberapa cara untuk menjaga hormon tiroid :

  • Mengatur asupan yang dikonsumsi mengandung gizi dan nutrisi yang cukup.
  • Pastikan penggunan yodium sesuai tidak kurang dan tidak berlebihan.
  • Menjaga berat badan seimbang.
  • Olahraga teratur setiap hari paling tidak 30-40 menit.
Bila anda merasa ada keluhan terkait hormon tiroid tidak ada salahnya konsultasi dengan dokter penyakit dalam guna penanganan lanjutan.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hormon tiroidhipertiroidismehipotiroidisme
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil