Apakah yang dimaksud dengan penyakit sifilis?

RN Info Penanya: RN, Wanita, 31 Tahun
Selamat sore dokter.. Saya mau bertanya.. Bbrp wktu lalu, sy tes lab kehamilan d puskesmas, hsilnya sifilis reaktif.Keesokan hr nya sy cr perbandingan lg,tes drah ke laborat swasta.. Hasilnya TPHA VDRL negative.. Mhon penjelasan dokter.. Knp bs berbeda.. N yg mn yg bs jd acuan? Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Sifilis atau kerap disebut dengan penyakit raja singa adalah salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi terhadap bakteri treponema pallidum. Gejala umum yang muncul pada penyakit ini adalah adanya luka baik pada mulut, alat kelamin dan atau pada dubur. Bila penyakit ini tidak segera diobati, maka bisa terjadi kompliasi yang membahayakan kesehatan penderitanya karena dapat merusak jantung, kematian pada janin, keursakan otak dan lain lain. Sifilis ini bisa muncul dengan atau tanpa gejala, dan perlu diketahui bahwa seseorang yang sudah terinfeksi sifilis walaupun tidak bergejala, ia tetap bisa menularkan penyakit sifilis.

Adapun beberapa tanda dan gejala awal dari penyakit sifilis yaitu Adanya bercak atau ruam kemerahan pada telapak tangan dan atau kaki, adanya bentol seperti bisul pada kelamin atau seperti kutil yang dirasa tidak nyeri, adanya rasa mudah lelah, sakit kepala, demam, adanya bercak putih pada mulut, adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening dan lain sebagainya.

Beberapa cara yang dilakukan untuk dapat menegakkan diagnosa dari penyakit sifilis adalah:

  • Dilakukan pemeriksaan fisik diagnostik secara menyeluruh oleh dokter
  • Dilakukan pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan sampel darah
  • Dilakukan pemeriksaan laboratrorium dengan menggunakan sampel pada luka
  • Dilakukan pemeriksaan laboratorium dengan sampel cairan tulang belakang (bila terdapat masalah pada sistem saraf)

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, pemeriksaan laboratorium adalah salah sau jenis pemeriksanaan penunjang. Untuk dapat memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan fisik diagnostik dan akan dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang lain bilamana diperlukan. Untuk itu, segeralah periksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk dilakukan pengobatan.

Hindari bergonta-ganti pasangan seksual, gunakan alat kontrasepsi (kondom), konsumsi makanan sehat dan bergizi, jaga kebersihan area kemaluan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutil kelamin merupakan gejala HPV yang muncul dua hingga tiga bulan setelah virus terjadi.

Kapan Seseorang Bisa Mengalami Gejala HPV Setelah Tertular?

HPV adalah penyakit yang menular lewat hubungan seksual. Gejala HPV tidak muncul segera, namun muncul semacam kutil di area kemaluan atau disebut kutil kelamin.