14 Oct 2021, 20:09Kandungan

Bagaimana mengetahui hasil dari pemeriksaan TORCH?

LK
Info Penanya: LK0
Mau Tanya Dok terkait Hasil pemeriksaan yang Saya Jalani dimana Hasil IGg reactive dengan kadar 3,6 iu/Ml dan Rentang Ref.Normal non Reactive Sedangkan untuk IGM hasilnya Non Reactive S/CO :0,16 dan Rentang ref.N non Reactive Yang mau saya Tanyakan dari Hasil di atas apakah Saya Postif Torch ? Dengan hasil Tersebut apakah Beresiko jika Saya melakukan Program Hamil karena Anak saya yg pertmaa ada gangguan Dengan pendengarannya
69 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi LKAda 2 antibodi tubuh manusia yang utama berperan saat mengalami infeksi dan bisa terdeteksi melalui pemeriksaan lab yakni IgM dan IgG. IgM terdeteksi pada onset akut yang terdeteksi di awal minggu penyakit, sedangkan IgG baru muncul setelah minggu ke 2 penyakit dan akan bertahan lama.

Pemeriksaan TORCH

Pemeriksaan TORCH diperuntukkan untuk wanita yang ingin melakukan program kehamilan yakni pendeteksi penyakit infeksi yang bisa berbahaya pada kehamilan. Berbagai penyakitnya yakni:
  • Toksoplasmosis, penularan melalui kotoran kucing yang mengandung parasit toksoplasma dan masuk ke mulut manusia baik melalui benda atau makanan terkontaminasi
  • Rubella (campak jerman)
  • Cytomegalovirus
  • Herpes Simpleks Virus (HSV)
  • Sifilis (raja singa)
  • HIV
  • Hepatitis
  • Varisela (cacar air)
  • Parvovirus

Dampak Penyakit TORCH Pada Janin

Berbagai penyakit di atas ini bisa berdampak pada kehamilan dan janin yakni berupa infeksi mata, gangguan pendengaran, gangguan mental, gangguan penglihatan, infeksi paru, gangguan jantung, hambatan pertumbuhan, gangguan saraf pusat, kejang, atau keguguran. Karena itu pemeriksaan TORCH ini sangat penting sebelum menjalankan program kehamilan.Dari hasil pemeriksaan anda dengan IgM yang negatif menandakan anda tidak sedang mengalami infeksi. Sedangkan IgG yang positif bisa menandakan anda sebelumnya dalam waktu lama pernah mengalami infeksi ataupun sudah melakukan vaksinasi TORCH.Terkait anak pertama anda yang mengalami gangguan pendengaran bisa jadi pada kehamilan sebelumnya anda mengalami salah satu penyakit di atas. Namun untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut yang spesifik ke dokter penyakit dalam. Sementara itu yang bisa anda usahakan adalah menjaga kesehatan dengan baik, ajak suami untuk ikut berobat, dan menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga imun tubuh yang baik.Semoga bermanfaatSalam sehatdr. PanyBaca juga :Bagaimana penanganan TORCH pada kehamilan?Ingin hamil perlukah tes TORCH?Apa dampak dari virus TORCH?
kehamilanpemeriksaan pra nikahmerencanakan kehamilantoksoplasmosissifilisrubellapemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil