Apakah bisa menentukan hipotiroid atau hipertiroid dari hasil lab?

SN Info Penanya: SN
FT4 0.74 ng/dLTSH 0.66 uIU/mLApakah bisa dengan obat atau harus bedah ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SN.

Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar hormon dalam tubuh manusia yang menghasilkan hormon tiroid. Hormon ini berperan penting dalam pengaturan metabolisme tubuh. Ketika kelenjar tiroid mengalami perubahan jumlah hormon yang diproduksi, tubuh akan mengalami gangguan. Jika hormon diproduksi terlalu banyak disebut hipertiroid, sedangkan jika terlalu sedikit disebut hipotiroid.

Ciri-ciri hipertiroid adalah jantung berdebar, mudah berkeringat karena kepanasan, cepat marah, sulit tidur, dan gemetar pada tangan. Sedangkan hipotiroid memiliki ciri-ciri lemas, tidak tahan dingin, peningkatan berat badan, dan bisa disertai penurunan fungsi penglihatan.

Terkait hasil laboratorium yang Anda sampaikan, FT4 normalnya berkisar antara 0,7-1,55 ng/dl dan TSH normalnya berkisar antara 0,27-4,7mlU/L. Nah, diagnosis tidak bisa semata-mata ditegakkan hanya dengan melihat hasil laboratorium. Perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui gejala yang dialami, serta perabaan pada kelenjar tiroid. Setelah pemeriksaan, barulah ditegakkan diagnosis dan penanganan, apakah obat atau tindakan bedah.

Oleh karena itu, segeralah berkonsultasi kepada dokter spesialis bedah dengan membawa hasil laboratorium yang Anda alami. Terima kasih.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terkena paparan zat iodium berlebihan dapat jadi penyebab penyakit tiroid

Jangan Sampai Lengah dengan Penyebab Penyakit Tiroid pada Wanita Ini

Wanita lebih rentan terkena penyakit tiroid. Alasan utamanya adalah karena hubungan antara kinerja kelenjar tiroid dengan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Salah penyebab penyakit tiroid adalah graves’ disease.