Apa itu TSH dan FT4?

AP Info Penanya: AP, Wanita, 1 Tahun
Hai dok...saya mau tanya hasil pemeriksaan darah suami saya TSH 0,61 dan Free T4 15,46...artinya suami saya sakit apa...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AP.

TSH (nilai normal: 0,27-4,7mlU/L) adalah Tiroid Stimulating Hormone, sedangkan FT4 (nilai normal: nilai normal: 0,7-1,55 ng/d) adalah Free Tiroksin. Kedua parameter laboratorium tersebut digunakan untuk mengevaluasi kondisi kelenjar tiroid, yaitu salah satu kelenjar hormon yang menghasilkan hormon tiroid. Normalnya, hormon tiroid akan dihasilkan dalam jumlah normal. Apabila diproduksi berlebih disebut hipertiroid dan jika kurang disebut hipotiroid.

Seseorang yang mengalami hipertiroid akan sering berkeringat, jantung berdebar, gemetar, gelisah, bahkan mengalami penurunan berat badan. Sebaliknya, seseorang dengan hipotiroid mudah merasa kedinginan, mudah lemas, sering mengantuk, dan mengalami kenaikan berat badan.

Jika melihat dari hasil laboratorium, TSH suami Anda masih dalam rentang normal, sedangkan FT4 melonjak cukup jauh. Tetapi, hal ini bisa disebabkan oleh perbedaan satuan laboratorium. Oleh karena itu, penyakit suami Anda tidak bisa ditentukan hanya dengan melihat hasil laboratorium semata.

Sangat disarankan agar Anda membawa suami Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam dengan membawa hasil laboratorium, agar dilakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui gejalanya. Setelah itu, akan diberikan penanganan yang tepat untuk suami Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara diagnosis hipertiroidisme adalah dengan usg leher

Hipertiroidisme adalah Salah Satu Penyakit yang Bisa Membuat Leher Bengkak

Hipertiroidisme adalah penyakit yang disebabkan tingginya kadar hormon tiroid dalam tubuh. Faktor genetik berperan dalam timbulnya penyakit ini, dan deteksi dini serta penanganan yang tepat akan membuat kualitas hidup penderita lebih baik.