Hasil CT Scan ada infark dan saat ini lumpuh, apakah masih bisa disembuhkan?

YD Info Penanya: YD, Wanita, 37 Tahun
Selamat malam dok mau nanya,ada ade saya umur 30 thn...di SNH dr hasil scant infark parletal kanan,dan kelumpuhan sebelah kiri,menurut dokter apa kah ade saya ini bs dismbh kan,tp ade saya ini malas makan dan minum krn kesakitan dbelakang kepala bagian kanan iti knp ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, YDA

Hasil CT Scan menunjukkan ada sumbatan di pembuluh darah otak sisi kanan sehingga mengakibatkan kelumpuhan anggota tubuh kiri. Bila pada CT Scan sudah tampak ada sumbatan kemungkinan strokenya sudah melewati golden period. Pada RS besar menggunakan MRI untuk menunjukkan hasil pada stroke fase dini sehingga masih bisa diberikan obat pengencer darah yang kuat.

Tujuan terapi setelah melewati fase golden period adalah menjaga agar sumbatan dan daerah yang terpengaruh tidak semakin luas sehingga dokter akan memberikan terapi pengencer darah dan supplemen otak. Sayangnya otak kita bila selnya sudah rusak bersifat permanen dan tidak bisa diganti dengan yang baru. Program selanjutnya untuk adik anda adalah rehabilitasi fungsi tangan dan kakinya dengan mengikuti fisioterapi dan latihan khusus agar bisa ada perbaikan di motoriknya. Di Jakarta sudah ada tempat rehabilitasi setelah stroke dengan menggunakan sistem robotik untuk membantu rehabilitasinya.

Kemudian jaga pola hidupnya yang sehat, stop merokok, hindari alkohol, jaga tekanan darah, gula darah dan kolesterol agar tidak terkena stroke kembali.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Otot mati rasa di satu sisi tubuh dapat menjadi salah satu gejala stroke ringan

Kenali Gejala Stroke Ringan dan Waspadai Potensinya Menjadi Stroke

Stroke ringan adalah kondisi ketika aliran darah ke otak, sumsum tulang belakang, atau retina mengalami interupsi sesaat. Stoke ringan biasanya terjadi dengan cepat. Ketika sedang beraktivitas tiba-tiba otot mati rasa.