16 Dec 2020, 18:48Kandungan

Cara pembacaan hasil hormon progesteron

RA
Info Penanya: RA0
Halo dokter, saya Rara. Dihari ke 21 setelah menstruasi saya melakukan cek progesteron untuk lanjutan Promil dan hasilnya 109.91 ng/ml. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana hasil dari pembacaan nilai hormon tersebut. Apakah normal dok?. Terimkasih
8039 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo R,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Menjalankan program hamil yang dilakukan oleh pasangan mempunyai kesan dan tantangan tersendiri. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan kehamilan salah satunya dengan pemeriksaan hormon di dokter kandungan. Hormon progesteron berfungsi untuk mencetuskan ovulasi pada perempuan sehingga dapat ditentukan kapan masa subur, apakah ovum ini dalam keadaan yang baik dan cukup matang sehingga siap untuk dibuahi, apakah ada kelainan pada ovarium baik ukuran dan bentuknya sehingga program kehamilan dapat dijalankan.

Pemeriksaan untuk program kehamilan

Pemeriksaan untuk program kehamilan ini bukan hanya pemeriksaan hormon, namun juga dilakukan pemeriksaan USG, pemeriksaan sumbatan saluran tuba, pemeriksaan pada sperma dan kualitas sperma pada laki-laki, dan pemeriksaan kesehatan lainnya. Karena untuk mendapatkan kehamilan diperlukan banyak faktor yang berperan.

Cara pembacaan hasil hormon progesteron

Cara pembacaan hasil hormon progesteron yang terdapat di dalam darah ditentukan kapan saat Anda melakukan pemeriksaan hormon progesteron tersebut, apakah saat anda mengalami ovulasi, atau saat anda sudah memasuki kehamilan trimester pertama. Tingkat kadar hormon progesteron di dalam darah antara lain :
  • Pada wanita sebelum pubertas kadar hormon progesteron yaitu 0,1-0,3 ng/ml.
  • Pada wanita saat terjadi ovulasi (fase folikuler) kadar hormon progesteron yaitu 0,1-0,7 ng/ml.
  • Pada wanita setelah teradi ovulasi (fase luteal) kadar hormon progesteron yaitu 2-25 ng/ml.
  • Pada wanita saat kehamilan trimester awal kadar hormon progesteron yaitu 10-44 ng/ml.
  • Pada wanita saat kehamilan trimester kedua kadar hormon progesteron yaitu 19,5-82,5 ng/ml.
  • Pada wanita saat kehamilan trimester akhir kadar hormon progesteron yaitu 65-290 ng/ml.
Untuk pembacaan hasil yang lebih detail, Anda harus lakukan dengan dokter kandungan karena dokter kandungan akan menjelaskan apakah hormon Anda normal atau terlalu tinggi, berapa seharusnya hormon progesteron yang ada di dalam darah Anda, apa efek samping jika hormon tersebut tidak seimbang. Selain itu Anda juga harus bersabar dalam menanti hadirnya momongan, selalu terapkan pola hidup yang sehat, konsumsi vitamin untuk mempersiapkan kehamilan seperti asam fotal, zat besi, kalsium, vitamin c, dan vitamin e. Tetap semangat dan semoga program kehamilan yang Anda jalankan berhasil.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
meningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilantes kesuburan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil