Test pack positif, kemudian keluar darah, apa artinya?

RM Info Penanya: RM
Pagi dok. Saya Reni usia 29th. Saya telat haid 8 hari, saya tespek hasilnya positif namun 1 garis samar, saya coba lgi pagi berikutnya sama. Lalu saya ganti merk tespek dan d coba tes pagi hari berikutnya hasilnya jelas positif (garis dua). Tapi seminggu setelah itu (kemarin, tgl 8 mei) saya keluar haid sedikit, dan hari ini tgl 9 masih ada darah juga. Saya hamil atau engga ya dok. Sekarang dibarengi sedikit keram perut dan mual serasa ada logam d mulut. Terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RM,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di sehatQ.

Testpack positif menunjukkan terdeteksi adanya hormon HCG dalam kadar cukup tinggi yang berhubungan dengan kondisi kehamilan. Jika hasil positif didukung oleh fakta bahwa Anda telah mengalami keterlambatan haid dan aktif melakukan hubungan seksual maka dapat dikatakan bahwa Anda hamil. 

Mendapatkan perdarahan atau menstruasi setelah mendaat hasil positif pada tes kehamilan dapat menunjukkan terjadinya flek pada kehamilan usia muda atau bahkan terjadi keguguran.

Keluarnya darah saat kehamilan yang masih cukup muda memang hal yang biasa bagi 20% wanita dan merupakan hal yang normal. Namun sebaiknya tetap diwaspadai terutama jika darah yang keluar berupa gumpalan darah atau darah yang keluar cukup banyak dan disertai dengan nyeri atau kram perut. Hal ini dilakukan karena keluhan tersebut merupakan cici dari terjadinya keguguran.

Saran saya sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG atau pemeriksaan lainnya untuk memastikan kondisi Anda. 

Beberapa tips untuk menjaga kehamilan :

  • Jangan terlalu lelah, termasuk aktivitas olahraga tidak boleh terlalu berat atau intens.
  • Jangan lupa asupan makanan yang bergizi untuk nutrisi bayi anda.
  • Konsumsi suplemen asam folat. Karena penting untuk perkembangan pertumbuhan janin.

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

ibu hamil mengalami perut kencang pada masa kehamilan 39 minggu

Hamil 39 Minggu Perut Sering kencang? Ini Jawabannya

Saat hamil 39 minggu, beberapa calon ibu mulai mengalami berbagai keluhan, salah satunya adalah perut sering kencang. Umumnya, hamil 39 minggu perut sering kencang dapat diakibatkan oleh kontraksi Braxton-Hicks. Kenali apa itu kontrakis Braxton-Hicks