26 Sep 2021, 11:30Kulit & Kelamin

haruskah mencukur bulu kemaluan saat melahirkan?

E
Info Penanya: E0
Dok, satu minggu lagi saya akan melahirkan secara ceasar dan ada beberapa hal yang dilakukan, yaitu dua hari sebelum melahirkan saya harus mencukur bulu kemaluan. Saya ingin bertanya, apakah harus mencukur bulu kemaluan saat melahirkan? Apa manfaat dari proses ini? Adakah dampak dari mencukur bulu kemaluan saat melahirkan?
114 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Sebelum melakukan prosedur operasi cesar, perlu dilakukan persiapan yaitu membersihkan area sekitar kemaluan agar steril. Adanya bulu pada kemaluan akan menyulitkan pembersihan daerah ini sehingga cukur rambut kemaluan perlu dilakukan. Cukur bersih juga membantu ibu agar terhindar dari kemungkinan infeksi namun lakukan cukur bulu dengan hati-hati agar tidak terjadi luka maupun lecet saat tindakan pencukuran. 

Tindakan mencukur bulu kemaluan

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelumnya mencukur bulu kemaluan, yang terpenting yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah cuci dulu kemaluan menggunakan air mengalir sebelum dicukur. Anda tidak perlu menggunakan sabun khusus pembasuh kemaluan karena dapat mengganggu flora normal kemaluan. Selain mencukur, menghilangkan bulu kemaluan  juga dapat dilakukan dengan mencabut (waxing).Ibu hamil juga boleh saja menggunakan krim perontok bulu jika dirasa lebih nyaman, namun hati-hati karena krim dapat menyebabkan iritasi. Kekurangan jika dicukur dengan pisau cukur, maka pertumbuhan bulu akan sedikit lebih tajam yang saat tumbuh akan menusuk kemaluan dan menyebabkan gatal. Namun jika ingin menggunakan pisau cukur, gunakan pisau sekali pakai, kemudian basuh dengan air hangat.Jika menginginkan hasil yang lebih lama dan bulu yang tumbuh lebih halus maka tindakan waxing, laser, maupun menggunakan krim perontok dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut sebaiknya, lakukanlah konsultasi ke dokter spesialis kandungan terdekat.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kelamin perempuanorgan intim wanitarambut kemaluan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil