Harus suntik KB lagi atau tidak ?

SU Info Penanya: SU
Dok saya udah 5 hr haid tp msih ada flek llu sya suntik, bidan mgatakn klau tggal flek ngk apa2 sntik yg pnting lbih dr 5 hri. kmudian bsok nya hubungan tp dkluarkan dluar stelah itu haid nya msih ada kluar slma 4 hri apakah hrus suntik lgi atau tidak??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Jika suntik yang dimaksuda adalah KB suntik maka perlu dipastikan dulu apakah mengalami kehamilan atau tidak. Jika sudah rutin menggunakan KB suntik setiap bulannya maka sudah ada perlindungan dari kehamilan. Suntik KB sendiri bisa diberikan baik 1 bulan sekali ataupun 3 bulan sekali. 

Efek samping yang bisa ditimbulkan KB suntik diantaranya adalah:

  • Gangguan siklus menstruasi
  • Perdarahan diluar siklus menstruasi
  • Sakit kepala
  • Penambahan berat badan
  • Nyeri payudara
  • Perlu waktu untuk bisa kembali subur
  • Masalah tulang

Apabila suntik dalam masa flek tidak apa jika bukan flek yang disebabkan oleh tanda kehamilan. Flek sendiri bisa disebabkan karena menstruasi yang tidak lancar, gangguan hormonal, efek samping KB ataupun karena gangguan organ reproduksi. Jadi tidak perlu dilakukan pengulangan penyuntikan dalam jarak dekat.

Apabila flek terjadi lebih dari 7 hari, bisa disebabkan karena efek samping KB suntik dan jika timbul lebih deras ataupun tidak juga berhenti sampai lebih dari 14 hari segera periksakan, karena bisa merupakan gangguan perdarahan yang disebut dengan menorrhagia.

Jika sering kali timbul efek samping yang tidak diinginkan karena penggunaan KB suntik tersebut maka bisa coba memilih alternatif kontrasepsi lain seperti misalnya pil KB, kondom, KB implan ataupun IUD sesuai kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.