Ejakulasi diluar hamil atau tidak?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 1 Tahun
Malam dok Saya ingin tanya ,saya telah melakukan hubungan intim dengan pasangan saya pada tgl 23 april dan saya mulai haid tanggal 7 april ,tetapi saya hanya sebentar melakukan hubungan trs sekira hanya 10 menit saya dan saya lanjutkan menggunakan tangan ,kemudian sperma nya keluar ,apakah ada peluang hamil dok?Mohon di jawab ya dok terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SS.

 

Kehamilan akan terjadi jika ada proses pembuahan (konsepsi) dimana proses ini harus didahului dengan adanya pertemuan antara sel telur dengan sel sperma.

Ejakulasi diluar atau lebih dikenal dengan senggama terputus merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kehamilan. Hal ini dilakukan oleh seorang pria yang mengeluarkan penis dari vagina sebelum terjadinya ejakulasi sehingga sperma tidak dapat masuk ke vagina.

Terkait dengan pertanyaan Anda pada prinsipnya apabila ejakulasi dilakukan diluar bisa saja menurunkan kemungkinan adanya pertemuan sel sperma dengan sel telur. Namun sesungguhnya hal ini tidak dapat dipastikan mengingat ada cairan pra ejakulasi yang dapat mengandung sperma. Terkadang pasangan Anda tidak menyadari cairan tersebut sudah masuk atau belum ke vagina, dan upaya mencabut penis dari vagina sebelum ejakulasi tidak dapat mencegah cairan pra ejakulasi masuk sehingga dapat menyebabkan kehamilan

Adapun tanda kehamilan yang perlu diketahui jika seorang wanita sudah mengalami keterlambatan haid diantaranya hasil test pack positif, adanya gambaran kantong kehamilan pada usg, mual dan muntah dipagi hari, payudara terasa kencang. Untuk memastikannya silahkan berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam sehat, 

 

dr. Sri Wulantini

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara meningkatkan sperma dapat melalui asupan makanan

Cara Meningkatkan Sperma dengan Makanan, Apa Saja Daftarnya?

Selain meningkatkan jumlah sperma, 13 makanan ini menyehatkan dan mengembalikan kesuburan pria. Cara meningkatkan sperma dengan asupan makanan ini baik untuk diikuti.