06 Oct 2021, 21:20Kulit & Kelamin

Handbody dipakai di kelamin apakah aman?

AL
Info Penanya: AL0
Halo dok Mau tanya dok, hampir setiap habis mandi saya sering pakai handbody lotion utk badan, tapi sekalian saya oleskan jg sampai kebagian selangkangan dan kelamin. Apakah ini anntinya akan ada efek negatif buat kelamin dok?
116 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Body lotion memang dapat melindungi kulit dari berbagai masalah seperti kulit kering, maupun paparan sinar matahari. Namun perlu diketahui meskipun merupakan kulit yang sama dan berwarna coklat, namun kulit kemaluan lebih sensitif dari kulit area lain terutama karena sangat banyak mengandung pembuluh darah. Untuk itu, kemungkinan untuk terjadinya iritasi pada area ini juga akan meningkat jika Anda menggunakan produk-produk berbahan kimia yang tidak seharusnya digunakan pada area tersebut.

Penggunaan body lotion di area sensitif

Body lotion memiliki banyak kandungan bahan kimia, dan sebaiknya tidak digunakan di area sensitif seperti kelamin, namun boleh digunakan pada selangkangan jika memang tujuannya ingin menjaga kelembaban kulit area tersebut. Namun sebenarnya, area ini merupakan area yang cukup lembab sehingga jarang terjadi kulit kering dan tidak membutuhkan pemberian lotion. Apabila sering menggunakan body lotion dan terjadi iritasi, kondisi ini malah menjadi pembawa masalah tambahan yang sebenarnya dapat dicegah.Untuk perawatan kelamin dan selangkangan, Anda cukup membersihkannya dengan baik dan menjaga area ini tetap kering misalnya dicuci dengan sabun setelah buang air dan dikeringkan sebelum menggunakan pakaian dalam. Jika terjadi iritasi setelah menggunakan lotion pada area sensitif, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat agar diberikan pengobatan yang sesuai
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
perawatan kulitkulit sekitar kelaminkesehatan kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil