Apa penyebab perut kembung?

CC Info Penanya: CC, Wanita, 1 Tahun
Dok, sudah lebih dua minggu saya mengalami pusing dan lemas, setelah makan perut langsung kembung dan tambah lemas.. apakah ini berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CC,

Perut kembung adalah rasa tidak nyaman pada perut yang bisa terjadi karena terlalu banyak gas di dalam saluran pencernaan. Kondisi ini bisa timbul karena beragam penyebab seperti mengonsumsi terlalu banyak makanan yang menghasilkan gas seperti kol, brokoli, buah-buahan tertentu ataupun makanan tinggi serat lain.

Selain itu bisa juga timbul kembung karena terlalu banyak menelan udara saat makan misalnya karena makan sambil berbicara, mengonsumsi minuman bersoda, gangguan hati, ataupun karena adanya infeksi pada saluran pernapasan.

Perut kembung juga bisa disertai keluhan seperti bersendawa, sering buang angin, kram perut, perut terasa begah atau bengkak dan juga nyeri perut. Untuk mengatasinya bisa dilakukan beberapa cara seperti hindari mengonsumsi makanan yang menghasilkan gas, hindari makanan berlemak, kurangi makanan berserat tinggi, bisa juga konsumsi jahe hangat, konsumsi teh, tetap beraktivitas ringan dan juga bisa mengompres perut dengan air hangat atau pemanas.

Jika keluhan tetap timbul, bisa diperiksakan nantinya dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan penyebabnya. Perhatikan juga jika timbul demam, muntah, sakit perut hebat, diare ataupun sesak maka perlu segera ditangani. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tapioca pearl dalam bubble tea, apabila tercampur zat kimia lain, tidak bisa dicerna oleh tubuh.

Pearl Bubble Tea Berbahaya Karena Tidak Bisa Dicerna Tubuh, Benarkah?

Tapioka, yang menjadi bahan utama dari bubble dalam minuman bubble tea, memang bukanlah bahan makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Bahan yang didapat dari singkong ini, sebagian besarnya terdiri dari zat nabati yang sangat tinggi kandungan karbohidrat, dan hanya mengandung sangat sedikit serat, protein, maupun nutrisi lainnya.