31 Mar 2021, 11:39Kandungan

Demam saat hamil apakah bahaya terhadap janin?

EA
Info Penanya: EA0
Selamat siang dok sy Hamil 7 minggu, mw tanya kmrn sy keluar flek dan sudah konsul sm dokter dan di beri obat penguat,kmrn sy agak demam 37,2 c Hr ini sy meriang itu normal kan atau pertanda ada sesuatu dngn janin sy Trm ksh
118 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam EAPada kehamilan muda sangat rentan untuk mengalami ancaman keguguran yang ditandai dengan keluarnya darah dari jalan lahir. Penyebab dari keguguran kehamilan sangat beragam.Keguguran bisa terjadi karena adanya faktor psikis seperti stres, kelelahan, kelainan darah, hormonal, autoimun, infeksi atau adanya kelainan pada rahim. Anda sudah benar untuk melakukan pemeriksaan ke dokter dan mengkonsumsi obat secara rutin sesuai anjuran. 

Demam Pada Kehamilan

Terkait dengan suhu tubuh, suhu 37,2 derajat masih termasuk normal. Bisa dibilang demam kalau suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius diukur dengan termometer suhu tubuh.. Pada kehamilan merupakan hal yang wajar bila merasa tubuh lebih hangat dari sebelumnya. Tubuh menjadi lebih hangat juga bisa disebabkan karena kurang tidur atau kekurangan ciaran (dehidrasi). Namun untuk memastikan adanya demam atau tidak, cek suhu tubuh secara berkala dengan termometer.Demam itu sendiri merupakan respon tubuh terhadap suatu peradangan oleh infeksi di suatu bagian tubuh. Segeralah memeriksakan diri kembali ke dokter bila anda mengalami demam disertai dengan gejala lainnya seperti batuk, pilek, mual, muntah, hidung buntu, perut sakit, diare dan sebagainya. Walaupun kemungkinannya kecil demam yang dibiarkan lama bisa berdampak pada kesehatan janin.

Mengatasi Demam Saat Hamil

Namun tidak perlu khawatir selama ibu mengatasi demam dengan baik. Untuk mengatasi demam anda bisa melakukan beberapa hal berikut:
  • Minum banyak air putih
  • Mandi atau berendam air hangat
  • Kompres air hangat bila demam
  • Gunakan pakaian dan selimut yang tipis
  • Hindari beraktivitas berat dan istirahat cukup serta hindari stres
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Kontrol kehamilan secara rutin ke dokter kandungan
Semoga bermanfaat Salam sehat
kehamilandemamkeguguran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil