01 Jun 2020, 09:56Kandungan

Hamil trimester l

D
Info Penanya: D0
Dok saya sedang hamil trimester pertama , saya mengkonsumsi folavit dipagi hari setelah sarapan dan folamil gold dimalam hari setelah makan malam . Apa boleh dok ?
13808 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore D,Asam folat adalah salah satu asupan yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil, karena asam folat ini berfungsi untuk mencegah kecacatan pada janin.Namun meski sangat dibutuhkan oleh tubuh, asam folat ini tidak perlu diminum secara berlebihan. Untuk ibu hamil hanya diperlukan asam folat sekitar 600 mikrogram (mcg) per harinya. Sehingga Anda tidak perlu menggandakan dan meminumnya sehari 2 kali, cukup minum sehari sekali saja.

Efek samping bila asam folat ini diminum secara berlebihan adalah:

  • Mual muntah.
  • Menurunkan napsu makan.
  • Gangguan tidur.
  • Emosi mendadak berubah.
Selain mengandalkan suplemen asam folat, Anda bisa memakan banyak sayur dan buah secara teratur serta protein untuk mencukupi kebutuhan Anda selama sedang hamil.Beberapa contoh makanan yang mengandung asam folat tinggi adalah biji bunga matahari, alpukat, sayur hijau, brokoli, telur, kacang tanah, stroberi, dll.Selain dari asupan makanan, Anda perlu menjaga kondisi kehamilan Anda dengan cara makan, minum, dan tidur secara teratur, sebisa mungkin jangan bergadang. Lakukan olahraga secara teratur dan lakukan pemeriksaan berkala ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi janin Anda.Salam sehat,dr. Vina
mualkehamilanasam folat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil