Hamil tapi menstruasi, kok bisa?

WS Info Penanya: WS
Dok waktu itu saya telat 2 hari trs tespeck hasil positif. Kata bidan saya hamil 5 minggu. Tts skrg uda jalan lg 2 minggu. Tp ternyata keluar darah. Kemaren uda usg katanya ada kantung hamil masih kecil bnget. Uda dikasi obat penguat jg. Disuruh istirahat kontrol lg 2 mnggu lg. Tp Td pagi saya k kamar mandi darahnya bnyak banget kayak menstruasi. Dan rasa nya kayak menstruasi mules dikit. Saya hrs gmna ya dok? K dokter lg atau diem aja d rumah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WS.

Menstruasi adalah keluarnya darah dari liang vagina, yang berasal dari peluruhan dinding rahim ketika tidak ada proses pembuahan. Selain menstruasi, ada beberapa penyebab lain yang juga menyebabkan darah keluar dari vagina, misalnya keguguran, kista ovarium, mioma uteri, ataupun kanker rahim.

Apabila saat hamil Anda mengalami perdarahan dari liang vagina, maka hal tersebut bukanlah menstruasi. Jika disertai dengan rasa mulas atau nyeri perut, kemungkinan besar Anda mengalami ancaman keguguran, dimana pada saat ini sebaiknya Anda segera memeriksakan diri secepatnya ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan inspekulo untuk melihat apakah adanya pembukaan rahim atau tidak, dan apakah janin masih bisa dipertahankan. Jika masih bisa dipertahankan, maka Anda akan diberikan obat-obatan untuk memperkuat kandungan. Biasanya akan dilakukan rawat inap untuk memantau perkembangan Anda.

Apabila nanti setelah rawat inap sudah diizinkan untuk pulang ke rumah, usahakan perbanyak bed rest dan hindari dulu aktivitas yang melelahkan, setidaknya selama trimester pertama atau sampai dokter menyatakan aman. Perbanyak konsumsi makanan bergizi yang mengandung zat besi, kalsium, asam folat, serta vitamin dan mineral lainnya. Jangan lupa juga untuk menghindari stres dan meminta dukungan dari keluarga, ya.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi yang terlambat bisa jadi tanda awal kehamilan

Terlambat Menstruasi? Bisa Jadi Ciri-Ciri Kehamilan

Bagi perempuan yang sedang menanti kehamilan, beberapa perubahan dalam tubuh pasti jadi momen yang ditunggu-tunggu. Ciri-ciri kehamilan bisa beragam, ini dia yang paling umum terjadi.