Hamil sudah melewati hari perkiraan lahir, sebaiknya bagaimana?

ZS Info Penanya: ZS, Wanita, 23 Tahun
Dok saya kn hamil... Tp sudah lwt HPL itu sebaik nya gmn ya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, ZS

HPL merupakan suatu perkiraan yang dipengaruhi faktor lain sehingga sering waktu persalinan meleset. Faktor dari ibu yaitu kondisi kehamilannya sendiri. Memang masa kehamilan yang dibilang cukup bulan 38-40 minggu. Namun ada yang melahirkan kurang dan lebih dari masa kehamilan tersebut. Tentu lebih baik bila kehamilan menunggu secara alamiah seperti pecah ketuban dan mulai timbulnya kontraksi/mules. Namun dokter kandungan anda akan memeriksa secara berkala kondisi janin dan memutuskan langkah selanjutnya apakah menunggu atau dibantu dengan induksi persalinan.

Posisi janin yang belum masuk ke jalur persalinan sehingga belum memicu proses persalinan. Prediksi tanggal yang salah, sehingga dianjurkan penentuan tanggal HPL dilakukan dengan kombinasi USG dan perhitungan Hari Pertama Haid Terakhir. Serta ada pengaruh juga dari ukuran serviks dan rahim. 

Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter kandungan anda untuk memastikan kondisi janin. Lakukan secara rutin terutama setelah melewati HPL. 

Inilah Tanda-tanda Persalinan Macet dan Faktor Penyebabnya

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perdarahan antepartum bisa disebabkan oleh kelainan plasenta dan benturan keras

Bahaya Perdarahan Antepartum Selama Kehamilan untuk Ibu dan Bayi

Perdarahan antepartum adalah perdarahan yang terjadi setelah usia kehamilan masuk 24 minggu, hingga sesaat sebelum persalinan. Ada banyak kondisi yang menyebabkannya, termasuk kelainan pada plasenta.